Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Siapkan BLT untuk PKL dan Warteg, Pemerintah Salurkan Melalui TNI/Polri

- Apahabar.com     Jumat, 10 September 2021 - 15:19 WITA

Siapkan BLT untuk PKL dan Warteg, Pemerintah Salurkan Melalui TNI/Polri

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah telah menyiapkan program bantuan langsung tunai (BLT) bagi pedagang kaki lima (PKL) dan pengusaha warteg di Indonesia. Bantuan tersebut terkait masih diberlakukannya PPKM di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali.

Menguutip CNNIndonesia.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan BLT tersebut akan diberikan ke 1 juta PKL dan pengusaha warteg di berbagai kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 di Indonesia. Masing-masing penerima akan mendapat dana bantuan senilai Rp1,2 juta.

Syarat lain, PKL dan pengusaha warteg yang menjadi calon penerima tidak pernah mendapat Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah.

Selain itu, mereka juga harus memenuhi ketentuan administrasi berupa warga negara Indonesia (WNI), memiliki kartu tanda penduduk (KTP), dan bukan aparatur sipil negara (ASN) atau anggota TNI/Polri dan pegawai BUMN/BUMD.

Selanjutnya, pemerintah pusat akan melibatkan pemerintah daerah untuk mendata calon penerima bantuan tersebut. Pendataan dilakukan dengan turut mencocokkan data penerima dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial dan pengawasan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Data ini tentunya perlu disiapkan oleh pemda, di mana nanti data tersebut akan di-cleansing dengan DTKS dan NIK, juga di-cleansing oleh BPKP,” ujar Airlangga, beberapa waktu lalu.

Data ini tertuang di sistem administrasi yang terverifikasi dan secara elektronik. Sistem ini selanjutnya juga akan digunakan pada tahap penyaluran.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyiapkan anggaran Rp1,2 triliun di kas negara untuk menyalurkan bantuan ini. Dana tersebut akan dipecah masing-masing Rp600 miliar ke TNI dan Polri selaku penyalur bantuan ke calon penerima.

Sri Mulyani mengatakan bantuan ini sengaja disalurkan melalui TNI/Polri karena mereka turut bertugas untuk menertibkan operasional para PKL dan pengusaha warteg di lapangan seiring dengan kebijakan PPKM. Tapi, penertiban ini tak jarang menimbulkan cekcok, sehingga harapannya ketika penertiban dibarengi dengan pemberian BLT, maka penerbitan bisa berjalan lebih mulus.

“Dengan demikian tugas yang dilakukan oleh TNI/Polri di lapangan bisa dipahami oleh masyarakat karena memang kita meminta warung harus tutup atau pindah maka diberikan bantuan,” ucapnya.

Pemerintah sudah melakukan uji coba penyaluran BLT PKL dan pengusaha warteg di Medan, Sumatera Utara pada Kamis (9/9) kemarin. Nantinya, penyaluran akan diteruskan di kabupaten/kota lainnya setelah ada peluncuran program secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, belum diketahui pasti kapan peluncuran akan dilangsungkan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Saham BRI

Ekbis

Saham BRI Menanjak Pascapengunduran ARI Kuncoro dari Kursi Wakil Komisaris
apahabar.com

Ekbis

PSBB Transisi Jakarta, Rupiah Awal Pekan Menguat
apahabar.com

Ekbis

Lepas 4 Ton Daun Gulinggang ke Jepang, Pengekspor di Banjarbaru Patut Lirik Cina
IHSG

Ekbis

IHSG Menguat di Tengah Koreksi Bursa Saham Benua Kuning
Utang Luar Negeri

Ekbis

Utang Luar Negeri RI Naik Jadi Rp5.817 Triliun
apahabar.com

Ekbis

Arus Balik Libur Natal, Konsumsi Pertamax dan Pertamina Dex Meningkat
apahabar.com

Ekbis

UMKM Terpuruk, Bos Minyak di Kalsel Tawarkan Solusi
apahabar.com

Ekbis

Butuh Duit? Pilih Pinjol atau Kartu Kredit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com