Pak Jokowi! Siswa Peserta Vaksinasi Banjarmasin Tak Mau Sepeda Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel Jelang Peresmian, Jembatan Sei Alalak Belum Ditutup Total Kunjungi Tanbu, Warga Berharap Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Pulau Burung

Syukuran Harjad ke 495 Kota Banjarmasin, Pemkot Gelar Salat Hajat

- Apahabar.com     Jumat, 24 September 2021 - 09:56 WITA

Syukuran Harjad ke 495 Kota Banjarmasin, Pemkot Gelar Salat Hajat

Habib Ali Khadir bin Hasan Al Kaff menjadi imam salat hajat di syukuran hari jadi kota Banjarmasin ke 495. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melaksanakan syukuran dan salat hajat dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke 495 tahun, Kamis (23/09) malam.

Kegiatan bertema “Kayuh Baimbai Untuk Mewujudkan Banjarmasin Barasih wan Nyaman dan Lebih Bemartabat” itu berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin.

Habib Ali Khaidir bin Hasan Al Kaff didaulat sebagai imam salat hajat sekaligus penceramah dalam peringatan tersebut.

Turut hadir Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor, Plh Sekdako Banjarmasin Sugito Siad, Ketua MUI Kota Banjarmasin KH Murjani Sani, Plt Direktur RS Sultan Suriansyah, dr Syaukani, Forkopimda, Kepala SKPD, serta Camat se-Kota Banjarmasin.

“Hari ini 24 September 1526 bertepatan dengan 6 Dzulhijjah 932 Hijriah atau 495 tahun yang lalu yang disepakati oleh pemerintah kota dan dewan untuk dijadikan sebagai awal mula lahirnya Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina dalam sambutannya.

Kemenangan Pangeran Samudra dari pamannya, Raden Tumenggung Paman, maka diserahkanlah kekuasaan di Kota Banjarmasin atas kesepakatan Patih Masih, Patih Bali, Patih Balitung untuk dijadikan sebagai pusat Pemerintahan Kesultanan baru.

“Islamnya Pangeran Samudra kemudian diberi gelar Sultan Suriansyah inilah yang dijadikan kesepakatan bahwa sebagai awal mulanya Banjarmasin,” ucapnya.

Ibnu mengucapkan selamat Hari Jadi Kota Banjarmasin yang 495 tahun 2021, ia mengajak seluruh jajaran untuk tetap semangat, memperteguh komitmen untuk menuntaskan Visi Banjarmasin Baiman dan Lebih Bemartabat yaitu Barasih wan Nyaman.

“Sesuai dengan tema Kayuh Baimbai Wujudkan Banjarmasin Baiman, Barasih wan Nyaman dan Lebih Bermartabat, insyaallah,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BSF

Pemkot Banjarmasin

Terapkan Prokes Ketat, BSF ke 5 Inginkan Perajin Sasirangan Peduli Kelestarian Lingkungan
Drs H Mukhyar M.Ap menerima kunjungan dan silaturahmi dari PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) Persero yang bertempat di Ruang Kerja wali kota. Foto-Istimewa

Pemkot Banjarmasin

Subsidi Listrik Akibat Covid-19 di Kota Banjarmasin Diperpanjang

Pemkot Banjarmasin

Wali Kota Resmi Buka Vaksinasi Covid-19 Warga Binaan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Wali Kota Banjarmasin Resmikan Rumah Sakit Ramah Disabilitas Netra di RSUD Sultan Suriansyah
Putri Muslimah Sasirang

Pemkot Banjarmasin

Asa Ibnu Sina untuk Putri Muslimah Sasirang Banjarmasin 2021
Hari Jadi Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Resmi, Wali Kota Ibnu Buka Forum Diskusi Sasirangan BSF Ke-5
Jokowi

Pemkot Banjarmasin

Ikuti Arahan Presiden, Pemkot Banjarmasin Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Lebaran
Adiwiyata

Pemkot Banjarmasin

20 Calon Sekolah Adiwiyata Nasional di Banjarmasin Kembali Diberikan Pembinaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com