Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Tandatangani Prasasti, Bupati HSS Resmikan Tugu Munggu Raya

- Apahabar.com     Kamis, 2 September 2021 - 13:03 WITA

Tandatangani Prasasti, Bupati HSS Resmikan Tugu Munggu Raya

Bupati Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad meresmikan Tugu Munggu Raya. Foto-apahabar.com/Nuha

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meresmikan secara langsung dengan menandatangani prasasti Tunggu Munggu Raya di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kamis (2/9).

Tugu Munggu Raya merupakan tempat bersejarah. Pasalnya, perwakilan internasional dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) membentuk komisi tiga negara hadir di sana.

Selain itu, di sana merupakan tempat menandatangani naskah dari delegasi PBB dan negara perwakilan‎ untuk mengakui Proklamasi Tentara Divisi ALRI Pertahanan Kalimantan pada 17 Mei 1949.

Renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya dilaksanakan Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten HSS sebagai bukti semangat juang yang bisa diwarisi bersama terutama bagi generasi muda bangsa.

Perusahaan bidang pertambangan PT Antang Gunung Meratus (AGM) juga turut membantu pengerjaan Tugu Munggu Raya hingga selesai sepenuhnya.

Rampungnya monumen bersejarah tersebut diharapkan menjadi penyemangat bagi generasi penerus untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu.

“Ini menjadi momen sejarah bahwa Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan [Kalsel] tetap utuh dalam negara kesatuan Indonesia,” ucap Achmad Fikry.

Monumen Tugu Munggu Raya dicanangkan dapat menjadi salah satu tempat wisata budaya yang bisa dikunjungi masyarakat untuk melihat nilai-nilai sejarah perjuangan.

“Kita bersyukur akses jalannya kesini juga sudah nyaman, sehingga anak-anak sekolah bisa kesini untuk belajar mengenal sejarah,” ungkapnya.

Selaku Ketua DHC 45 Kabupaten HSS, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad menjelaskan bahwa renovasi Tugu Munggu Raya merupakan wujud program kerja organisasi.

“Sebagai bentuk kepedulian pewarisan nilai-nilai kejuangan, karena tanggal 2 September ini adalah peristiwa bersejarah yang bersifat internasional di samping 17 Mei,” jelasnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten HSS yang telah memberikan dukungan penuh terhadap organisasi DHC 45 HSS.

Renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya sendiri dilakukan sebagai janji Syamsuri Arsyad pada saat pelantikan Ketua DHC.

Sebelumnya, renovasi pembangunan Tugu Munggu Raya tersebut ditandai dengan pembukaan tirai rencana pembangunan oleh Bupati HSS di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) setelah upacara peringatan 17 Mei 2021.

Tugu Munggu Raya

Bupati Achmad Fikry melihat prasasti Tugu Munggu Raya.
Foto-apahabar.com/Nuha

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab HSS

Hari Asyura, Bupati HSS Serahkan Ratusan Santunan ke Anak Yatim

Pemkab HSS

Bupati Achmad Fikry Sampaikan Raperda Perubahan APBD HSS 2021
PPKM Level III HSS

Pemkab HSS

Resmi! PPKM Level III HSS Diperpanjang, Bupati Fikry: Tetap Jaga Prokes

Pemkab HSS

Masih PPKM III, Bupati HSS Sesalkan Warganya Terjaring Liburan di Pantai Tala

Pemkab HSS

Bupati HSS Minta Peserta CPNS Tidak Percaya Jasa Lulus Seleksi
Wabup HSS

Pemkab HSS

Wabup HSS Monev Pembangunan Infrastruktur, Berharap Sesuai Rencana
apahabar.com

Pemkab HSS

Hindari Covid-19 Varian Baru, Warga HSS Diminta Jangan Pergi Keluar Daerah
Bupati

Pemkab HSS

Kunjungi Lokasi Kebakaran, Bupati HSS Pastikan Pelayanan Tetap Berjalan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com