Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

Tekad Menteri Erick, Pupuk Kaltim Tembus Pasar Nonsubsidi

- Apahabar.com     Kamis, 30 September 2021 - 15:08 WITA

Tekad Menteri Erick, Pupuk Kaltim Tembus Pasar Nonsubsidi

Erick Thohir bertekad membawa PT Pupuk Kaltim masuk ke pasar nonsubsidi. Foto: CNN Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Menteri BUMN, Erick Thohir bertekad membawa PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) masuk ke pasar pupuk nonsubsidi.

“Karena itu kita tentu dengan strategi besar transformasi BUMN, kita mendorong salah satu perusahaan pupuk yakni Pupuk Kaltim untuk berdiri tegak di market yang terbuka untuk yang nonsubsidi,” ujar Erick, Kamis (30/9) dilansir Antara.

Sedang empat anak usaha lainya dari holding PT Pupuk Indonesia, kata Erick Thohir, tetap masuk ke pupuk subsidi.

“Kalau kita melihat petanya, market pupuk nonsubsidi terus meningkat sebesar 53 persen,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

PT Pupuk Kaltim resmi berdiri pada 7 Desember 1977, yang memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan NPK, serta bahan kimia lain seperti amoniak.

Perseroan ini berbasis di Bontang, Kalimantan Timur, dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 99,99 persen dan Yayasan Kesejahteraan Hari Tua Pupuk Kaltim 0,01 persen.

Sebelumnya PT Pupuk Kaltim yang merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyediakan pendanaan bagi distributor (distributor financing) dalam pengadaan pupuk nonsubsidi.

Hadirnya fasilitas ini akan menjadi alternatif pembiayaan yang memudahkan pembelian pupuk nonsubsidi bagi distributor dan konsumen korporasi, serta menjamin ketersediaan pasokan pupuk bagi para petani yang merupakan pemakai produk-produk pupuk PKT.

Kerja sama eksklusif antara PKT dengan BRI akan mempermudah para distributor terdaftar mendapatkan layanan keuangan ini sesegera mungkin karena adanya sistem digitalisasi yang dimiliki oleh kedua perusahaan.

Melalui skema kerja sama ini, para distributor dapat lebih leluasa mengembangkan usaha mereka. Mereka dapat memilih tenggat waktu pembayaran sesuai kenyamanan dan kemampuan, serta membantu menjaga cash flow keuangan mereka di tengah sulitnya situasi saat ini.

Hadirnya program pendanaan bagi distributor ini juga merupakan upaya Pupuk Kaltim dalam memperkuat kemampuan industri pupuk nasional, serta dalam menyediakan pasokan pupuk bagi sektor pertanian dan perkebunan yang menjadi bagian dari sektor kritikal di tengah pandemi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pegadaian

Ekbis

Udah Cantik Dapat Pengetahuan Apik! Yuk Gabung di Webinar Langkah Emas Pegadaian Kalimantan
apahabar.com

Ekbis

Perkuat Kerja Sama Pertamina dan Petronas
apahabar.com

Ekbis

Biaya Transfer Uang Turun, Ini Paparan BI
apahabar.com

Ekbis

5 Alasan Mahasiswa Baru Perlu Punya LinkedIn
apahabar.com

Ekbis

Jelang Haul, Ratusan Warga Sekumpul Serbu Pasar Murah
Jokowi

Ekbis

Beda Nasib 2 Proyek Andalan Jokowi di Kalsel, KI Jorong Tak Laku!
apahabar.com

Ekbis

Dibayangi Burden Sharing, Rupiah Diprediksi Masih Melemah
apahabar.com

Ekbis

Transaksi Sementara ISEF 2020 Capai Rp 5,30 Triliun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com