Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Terkuak! Sosok ‘Sultan’ Pembagi Emas di Amuntai-Banjarbaru

- Apahabar.com     Senin, 6 September 2021 - 21:31 WITA

Terkuak! Sosok ‘Sultan’ Pembagi Emas di Amuntai-Banjarbaru

Sejumlah petugas Samsat Banjarbaru mendatangi mapolres setempat untuk mengonfirmasikan aksi seorang pria misterius membagikan sejumlah emas ke petugasnya. Foto: Ist

apahabar.com, TANJUNG – Sosok ‘Sultan’ pembagi emas di Musala, Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan sejumlah tempat hingga Banjarbaru perlahan terkuak.

Pria tersebut bernama Ricky (31), warga Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ricky yang memiliki istri dan anak 2 ini dikenal sebagai pengusaha jual beli emas di sebuah pendulangan di pedalaman Palangkaraya.

Identitas sang ‘sultan’ tersebut diungkap adiknya, Arifa Aisyah (23) yang saat ini berdomisili di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Arifa bilang kakaknya itu berangkat dari Palangka Raya lewat Tamiyang Layang bersama temannya, Selasa 31 Agustus 2021.

“Saat di Tamiyang Layang telepon saya mau ke Tanjung dengan suara agak ketakutan, bilangnya ada urusan mendesak dan minta dijemput,” jelasnya kepada apahabar.com, Senin (6/9) malam.

“Karena jarak tempuh Tanjung- Tamiyang Layang, saya minta bertemu di Simpang 3 Kelua. Dan dia akan menelepon jika sudah sampai di Kelua,” sambungnya.

Di Balik Viralnya Aksi ‘Sultan’ Bagi-Bagi Emas di Musala Amuntai HSU

Setelah ditunggu dari pukul 22.00, Arifa tak kunjung menerima telepon dari Ricky hingga malam harinya.

“Dihubungi teleponnya tidak aktif,” kata Arifa.

Tak lama berselang, kakak Arifa yang berada di Banjarmasin juga menelepon. “Ternyata nyambung, saat ditanya apakah benar mau ke Tanjung ia bilang tidak jadi karena ada urusan mendesak mau ke Sekumpul lewat Amuntai. Setelah itu kembali nomor teleponnya tidak aktif,” ujarnya.

Alahkah terkejutnya Arifa ketika melihat berita di grup Facebook mengenai aksi viral bagi-bagi emas di Musala Darul Muttaqin, Amuntai Utara.

View this post on Instagram

A post shared by apahabar.com (@apahabar)

“Namun karena belum menjadi anggota grup belum bisa komen, setelah gabung baru saya memberikan komentar, ternyata sesuai ciri-ciri kakak itu,” jelasnya.

Setelah komentar itu, beberapa orang telah mengklarifikasi bahwa telah diberi emas. Menurut mereka, selain di tempat ibadah Ricky juga mendatangi rumah-rumah. Teranyar diketahui, Ricky juga muncul pada Kamis kemarin di Samsat Banjarbaru.

Singkat cerita, Ricky dikabarkan sudah pulang ke rumah di Palangkaraya sejak kemarin, Minggu (5/9). Menurut Arifa, kakaknya itu dalam kondisi tidak sadar membagikan emas-emas itu. “Karena berhalusinasi,” ujarnya.

“Emas yang dibagi kalau diuangkan sekitar Rp500 juta dengan uang Rp2 juta yang dibawanya,” beber Arifa.

Mirisnya, kata Arifa, emas yang dibagi-bagikan itu merupakan tabungan milik Ricky yang akan dijualnya ketika harga mulai naik.

“Waktu itu dia pikirannya masih normal,” ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, aksi pria misterius bagi-bagi butiran emas tidak cuma berlangsung di Amuntai, melainkan di Banjarbaru.

Baru tadi, sasarannya adalah Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Banjarbaru. Empat butiran emas seberat 36,25 gram diberikan secara cuma – cuma olehnya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Kalsel

Usai Baramarta, Jaksa Bidik Dugaan Rasuah Perusahaan Pelat Merah Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

8 Kelompok di Tabalong Dilatih Mengolah Ikan Asin dari Patin
apahabar.com

Kalsel

Bakal Ada Masjid Terapung di Banjarmasin, Namanya ‘Bani Arsyadi’
apahabar.com

Kalsel

Paman Birin Bangga Kenakan Pakaian Adat Banjar di Upacara Virtual HUT RI
apahabar.com

Kalsel

Satpol PP Balangan Soroti “Warung Jablay” di Bulan Ramadan
apahabar.com

Kalsel

Bunga BI Turun, Bagaimana dengan KPR?
apahabar.com

Kalsel

Sudian Noor Ingatkan Semua Pihak Siaga Bencana
apahabar.com

Kalsel

Sukses Perangi Sampah Plastik, IGES Jadikan Banjarmasin Percontohan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com