Heboh! Polisi Kotabaru Gerebek Perusahaan Jasa Penagih Hutang Pinjol Setelah DMI Kalsel, Giliran Satgas Soroti Saf Rapat Al-Jihad Status PPKM Kotabaru Naik Level 3, Kadinkes Beberkan Penyebabnya Jelang Peresmian, Penutupan Total Jembatan Sei Alalak Tunggu Instruksi Paspampres Viral! Video Sepasang Muda-Mudi Diduga Berbuat Mesum, Polres HST Turun Tangan

Terkuak! Sosok ‘Sultan’ Pembagi Emas di Amuntai-Banjarbaru

- Apahabar.com     Senin, 6 September 2021 - 21:31 WITA

Terkuak! Sosok ‘Sultan’ Pembagi Emas di Amuntai-Banjarbaru

Sejumlah petugas Samsat Banjarbaru mendatangi mapolres setempat untuk mengonfirmasikan aksi seorang pria misterius membagikan sejumlah emas ke petugasnya. Foto: Ist

Kejadian itu dibenarkan Kepala UPPD Samsat Banjarbaru Tommy Hariadi. Katanya, kejadian itu berlangsung pada Kamis (2/9) lalu.

“Informasi dari kawan – kawan, seperti itu,” ujar Tommy kepada apahabar.com, Senin (6/9).

Aksi langka tersebut bermula pada Kamis sekitar pukul 14.30 ketika seorang pria turun dari mobil dobel kabin berwarna hitam dengan nomor polisi KH (Kalimantan Tengah). Ia tampak mengenakan jubah dan peci berwarna putih.

“Perawakannya kecil saja, dia masuk lalu salah satu tangannya membawa sepertinya Alquran yang dibungkus serban, dan tangan satunya memberikan butiran (emas) itu,” ceritanya.

Lalu, pria itu berkata kepada para pegawai bahwa Alqurannya akan ia serahkan ke Sekumpul, Kabupaten Banjar. Sedang, ia meminta petugas agar memeriksa atau mengecek butiran yang diberikannya setelah tiga hari.

Tommy bilang kedatangan pria itu sejatinya untuk membayar pajak. Namun data untuk yang mau dibayarkannya itu tidak dapat diterima petugas.

“Kami tidak dapat terima dari yang bersangkutan, terus untuk pembayaran kita juga kan ada mekanismenya,” sambungnya.

Beranjak pada Sabtu (4/9) Tommy menerima informasi dari Amuntai dan Kandangan terkait kejadian yang sama. Sehingga dilakukanlah pengecekan butiran itu ke Pasar Martapura.

“Oleh kawan-kawan ke Pasar Martapura, dan keterangannya memang dinyatakan asli emasnya,” ungkapnya.

Adapun terkait nominal uang dari 4 butiran emas tersebut, Tommy mengaku kurang mengetahuinya.

Yang jelas, untuk kejadian di Samsat Banjarbaru, pria ini hanya memberikan butiran emas tanpa ada butiran lain seperti kejadian di daerah lainnya.

Enggan terjadi hal yang tidak diinginkan, maka Tommy berinisiatif mengoordinasikannya ke Polres Banjarbaru.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan makanya kita berkoordinasi dengan Polres, kita titipkan sementara ke Polres. Informasi polres, akan didalami dulu terus dikoordinasikan dengan kewilayahan lain, termasuk kalau ada informasi atau ada orang datang ke Samsat terkait itu akan dimediasi ke Polres Banjarbaru,” tuntas Tommy.

Sebelumnya, nama “Darul Muttaqin” mendadak viral. Musababnya, seorang pria meletakkan sejumlah emas butiran di rumah ibadah yang berlokasi di Desa Kuangan, Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara ini.

Terkuaknya informasi itu bermula ketika sebuah postingan beredar luas di jagat dunia maya. apahabar.com lantas menelusurinya. Didapati kejadian tersebut berlangsung pada Selasa malam, 3 Agustus 2021.

Malam itu, sebuah mobil dobel kabin terlihat melewati langgar Darul Muttaqin. Mendengar anak-anak melantunkan maulid Habsyi dari dalam langgar, mobil hitam ini meluncur mundur.

Terkuaknya informasi itu bermula ketika sebuah postingan beredar luas di jagat dunia maya. apahabar.com lantas menelusurinya. Didapati kejadian tersebut berlangsung pada Selasa malam, 3 Agustus 2021.

Malam itu, sebuah mobil dobel kabin terlihat melewati langgar Darul Muttaqin. Mendengar anak-anak melantunkan maulid Habsyi dari dalam langgar, mobil hitam ini meluncur mundur.

Dari dalam mobil, turun seorang laki-laki bertubuh tinggi memakai baju gamis putih dan serban. Tanpa basa-basi, ia memasuki langgar.

“Sebelum turun, pria ini mengambil kain putih menutup kepala serta wajahnya,” ujar seorang jemaah.

Di dalam langgar, sejumlah jemaah yang mayoritas anak-anak masih asyik melantunkan syair-syair pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Pria itu kemudian menyelipkan beberapa butir benda berwarna emas dan putih ke bawah buku syair salah satu jemaah yang tengah membaca kitab di atas rehal (sejenis meja lipat).

Jemaah pun dibuatnya heran. Sebab, usai menaruh bungkusan, pria ini pergi begitu saja.

Saat dibuka, kaget bukan kepalang jemaah menemukan sejumlah butir benda berwarna emas dan putih. Anak-anak pun mulai mengambili butiran emas itu.

“Bila ada orang datang, biasanya memberi makanan saja,” ujar salah satu jemaah.

Total, tujuh butiran sebesar kelereng berwarna emas dan sejumlah batu putih yang ditinggalkan begitu saja oleh pria itu.

“Besoknya kami bawa satu butir ke Pasar Amuntai untuk diperiksa,” ujar Imis, warga setempat kepada apahabar.com, dikonfirmasi terpisah, Sabtu (4/9).

Hasilnya, benda itu diketahui emas asli. Namun masih berbentuk curah.

“Rp700 ribu per gram orang mau membeli, tapi belum dijual menunggu dirapatkan,” ujarnya.

Selanjutnya Imis pulang membawa kabar tersebut ke desanya. Lalu, ia mengumpulkan butiran emas itu dari anak-anak malam itu.

“Setelah dikumpulkan ternyata ada 10 butir,” bebernya.

Setelah disepakati, Imis dan warga lainnya memutuskan untuk menjual emas itu ke sebuah toko di Pasar Amuntai. Saat ditimbang beratnya, kata dia, 19,67 gram dengan total harga Rp13,8 juta.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Fraksi Beri Catatan APBD 2018 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tengah Hari, Puluhan Rumah Diamuk Api di Alalak Tengah
Remisi

Kalsel

Ribuan Narapidana Kalsel Diusulkan Terima Remisi Khusus Idulfitri
apahabar.com

Kalsel

Akibat Korsleting, Kandang Ayam Senilai Rp 500 Juta Ludes
Aji Biro Banjarmasin

Banjarmasin

Bedah Problem Pemberantasan Korupsi, AJI Biro Banjarmasin Putar KPK End Game
apahabar.com

Kalsel

Sah, Kader Gerindra Jadi Ketua DPRD Banjarbaru Termuda
Makanku Peduli

Kalsel

Makanku Peduli Korban Banjir Kalsel, Sebar Bantuan hingga Pelosok yang Sulit Terjangkau
Puar

Kalsel

Buntut Pembubaran Massa Class Action di Kalsel, Puar Cs Dicecar Belasan Pertanyaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com