Paman Birin Doktor Kehormatan, Mahasiswa Bergerak ‘Kuningkan’ ULM Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

TMMD ke-112 di HST, 150 Personel Siap Kerja Lembur

- Apahabar.com     Kamis, 16 September 2021 - 07:40 WITA

TMMD ke-112 di HST, 150 Personel Siap Kerja Lembur

Prajurit jajaran Kodim 1002/HST dibantu masyarakat sekitar membuat pondasi jalan pada sasaran peningkatan mutu jalan Desa Rantau Keminting, Rabu (15/9). Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – 150 prajurit dikerahkan pada pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 yang digelar Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST).

Ya, sasaran TMMD di Rantau Keminting ditargetkan kurang dari 1 bulan untuk pengerjaan fisik maupun non fisik. Terhitung sejak pelaksanaannya dimulai, pada 15 September dan ditargetkan selesai pada 14 Oktober 2021.

Dandim 1002/HST, Letkol Inf Muh Ishak HB bertekad agar sasaran-sasaran pembangunan di Desa Rantau Keminting, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) selesai tepat waktu. Meskipun dihadapkan dengan cuaca yang tak bersahabat.

Bahkan sebelumnya, Kodim 1002/HST melakukan pra TMMD agar segala sesuatunya berjalan lancar. Pra TMMD ini dilaksanakan sejak 7 Agustus hingga 14 September 2021.

“Kita akan memaksimalkan semua potensi [sumber daya prajurit jajaran Kodim 1002/HST] yang ada walau lembur malam tetap kita laksanakan. Kita juga dibantu warga sekitar,” kata Muh Ishak, Kamis (15/9).

Untuk pengerjaan fisik, prajurit harus menyelesaikan perbaikan mutu jalan sepanjang 1.725 meter dengan lebar 4 meter di Rantau Keminting. Termasuk pemasangan pondasi jalan sepanjang 1.034 meter dan perbaikan dua buah jembatan.

Prajurit juga harus menyelesaikan rehab bangunan sebanyak 2 unit . Satu unit rumah warga yang tidak layak huni (RTLH) di Rantau Keminting dan 1 unit musala di Desa Kasarangan.

Selain fisik ada lagi sasaran non fisik. Sasarannya diisi kegiatan-kegiatan sosial dan penyuluhan. Misalnya pelayanan KB, pengobatan gratis, pembagian sembako hingga vaksinasi Covid-19 bagi warga.

Total anggaram TMMD kali ini Rp 1,09 miliar. “Dari Pemkab HST Rp 1 miliar dan tambahan dari Dinas PMD Provinsi Kalsel Rp 90 juta,” terang Muh Ishak.

Sebelumnya Wabup Mansyah Sabri membuka agenda upacara pelaksanaan TMMD secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan di pendopo Bupati HST, Rabu (15/9).

Pelaksanaan TMMD secara resmi ini juga ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi peningkatan mutu jalan, Rantau Keminting.

Selain itu, Forkopimda HST juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga di Rantau Keminting kemudian diajak meninjau langsung sasaran-sasaran fisik maupun non fisik yang tersebar di Kecamatan LAU.

Wabup Mansyah mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI yang terlibat langsung dalam pembangunan di HST.

“Semoga hasil-hasil pembangunan dari program TMMD ini dapat dinikmati dan dirawat oleh masyarakat agar kemanfaatannya dapat terus menerus dirasakan sebagai penunjang kehidupan sehari-hari,” harap Mansyah usai membuka secara resmi pelaksanaan TMMD ke 112 di HST.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sering Komunikasi, Tangkapan Polantas Batola Ini Akui Tak Kenal Penyuruhnya

Kalsel

Duh, Seorang Nenek di Banjarmasin Kedapatan Miliki Sabu
Reses Unik, Serap Aspirasi di Bawah Air Terjun Abuya Perbatasan Kalsel-Kaltim

Kalsel

Reses Unik, Serap Aspirasi di Bawah Air Terjun Abuya Perbatasan Kalsel-Kaltim  
apahabar.com

Kalsel

Pesan Gubernur Kalsel Menyambut Idul Adha
apahabar.com

Kalsel

Intrusi Air Laut di Sungai Martapura Tinggi Picu Krisis Air Bersih
apahabar.com

Kalsel

PUPR Banjarmasin Optimis Anggaran Terserap Maksimal
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu Capai 452 Kasus, 11 Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Polsek Kurau Ajak Warga Berpartisipasi dalam Pencegahan Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com