Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan BREAKING! Tim Advance Pak Jokowi Tiba di Bandara Syamsudin Noor Arus Lalu Lintas Jembatan Sei Alalak Sementara Dialihkan, Catat Kapan Ditutup Total Asyik di Hammock, 4 Pasang Muda-Mudi Banjarbaru Digaruk Pol PP Geger Api di Hapalah Tabalong, Bantuan Mulai Mengalir

Top! Baling-baling Perahu Buatan Alumni Pesantren Darussalam Martapura Tembus Pasar Luar Negeri

- Apahabar.com     Sabtu, 25 September 2021 - 11:23 WITA

Top! Baling-baling Perahu Buatan Alumni Pesantren Darussalam Martapura Tembus Pasar Luar Negeri

Olahan baling-baling perahu warga Desa Tarjun, Kelumpang Hilir, berhasil menembus pasar luar negeri. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Kisah membanggakan datang dari salah satu pria asal Desa Tarjun, Kelumpang Hilir, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Pria itu bernama lengkap Muhammad Kasful Anwar berusia 39. Ia merupakan lulusan Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar.

Berkat kerja keras dan keuletannya, kini Kasful boleh dibilang sukses. Sebab, karyanya berupa kipas atau baling-baling perahu berbahan kuningan mampu menghasilkan belasan juta rupiah dalam sebulan.

Kasful mampu memodifikasi baling-baling untuk keperluan lomba kecepatan perahu, sekaligus untuk keperluan sehari-hari dalam mencari tangkapan hasil laut.

Menariknya, hasil kerajinan pria beranak tiga ini tidak hanya dibanjiri pesanan dalam negeri, namun juga telah menembus pasar mancanegara. Yakni, Nigeria dan Colombia.

Kepada wartawan, Kasful mengaku dalam mengolah baling-baling kuningan di workshopnya dibantu beberapa orang rekannya.

Kerajinan yang digelutinya hanya dengan belajar secara otodidak dan banyak bertanya kepada teman.

Hasil olahannya juga disebutnya ramai diorder dari Sulawesi, Sumatra, Nusa Tenggara, dan Pulau Jawa. Bahkan, kata dia, pemesanan justru meningkat di tengah pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, sekarang dalam sebulan kami mampu menghasilkan sebesar Rp18 juta dari penjualan baling-baling itu,” ujar Kasful, yang juga aktif mengajar di pondok pesantren di desanya itu, Sabtu (25/09).

Sementara, Rahmadi, yang memegang bagian pemasaran produk UMKM bernama Saranjana Grup menuturkan, untuk sistem pemasaran pihaknya memanfaatkan media sosial.

“Tentu kami bangga, karena produk kami sampai dipesan orang dari beberapa negara. Untuk di Indonesia sendiri hampir dari kota-kota besar memesan ke kami baling-balingnya.Baik untuk perahu juga mobil,” ujarnya.

Rahmadi bilang, hingga bulan Agustus 2021 penghasilan UMKM Saranjana Grup telah mencapai Rp59 juta lebih dengan penjualan sebanyak 928 buah baling-baling.

Kepala Desa Tarjun, Sahrani menilai, apa yang dikembangkan oleh UMKM Saranjana Grup tentu sangat berdampak positif bagi kepentingan masyarakat khususnya meningkatkan roda perekonomian.

Ia juga mengapresiasi kepada pihak PT Indocemen Tunggal Prakarsa (ITP) Tarjun yang terus mensupport serta memberikan permodalan.

“Tentu kami melihat upaya mereka sangat bagus, tentu nama Desa Tarjun juga secara tidak langsung semakin dikenal orang. Terimakasih kepada perusahaan pabrik semen yang telah membantu masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia menjadi mandiri,” ucap Kades.

Management PT ITP Tarjun, Teguh Iman Basoeki, pun mengakui besarnya potensi masyarakat Desa Tarjun, dan harus lebih dikembangkan.

Indocemen akan terus memberikan dukungan penuh. Mensupport demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Sa Ijaan.

“Kami tidak menyangka, pemasaran mereka sudah sampai ke beberapa negara dan itu menjadi kebanggaan tersendiri, dan akan terus kami bantu,” pungkasnya.

Pesantren Darussalam Pesantren Darussalam

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Polres Kotabaru

Kota Baru

Harga Si Melon Melangit, Polisi Kotabaru Pastikan Tindak Tegas Praktik Nakal
Pasien Covid-19

Kota Baru

Lagi, Pasien Covid-19 Sembuh di Kotabaru Bertambah
apahabar.com

Kota Baru

Baru Sebulan Menjabat, Dandim Kotabaru Dukung Pengembangan Sektor Pertanian

Kota Baru

Tambah 5 Warga Terpapar, Total 1.733 Kasus Covid-19 di Kotabaru

Kota Baru

Sambut HUT RI ke-76, Lanal Kotabaru Gelar Serbuan Donor Plasma Konvaselen-Darah
apahabar.com

Kota Baru

Sengsara Membawa Nikmat: Usai Terbakar, Kakek di Kotabaru Akan Dibangunkan Rumah Seharga Puluhan Juta

Kota Baru

Cek Kesiapan Pilkada Kotabaru, Pjs Bupati Keliling Kecamatan
Peserta PTQ

Kota Baru

Lagi, 2 Warga Kotabaru Positif Covid-19 dan Sembuh 9 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com