Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

TOP! Indonesia dan Inggris Sepakati Kerja Sama Pembuatan Kapal Fregat AL

- Apahabar.com     Jumat, 17 September 2021 - 15:53 WITA

TOP! Indonesia dan Inggris Sepakati Kerja Sama Pembuatan Kapal Fregat AL

Kapal Fregat Arrowhead 149 atau AH140 buatan Inggris. Foto: Babcock via Tempo

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Inggris menandatangani kesepakatan untuk membangun kapal fregat angkatan laut di London, Inggris, pada Kamis (16/9) malam.

Menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris yang diterima di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (17/9), penandatanganan perjanjian itu disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Fregat adalah kapal perang berukuran sedang (1.100-2.800 ton) yang dapat bergerak lincah dan cepat.

“Kapal fregat dalam kerja sama tersebut akan dibuat dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan maneuver,” kata Kedubes Inggris.

Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan, dan keamanan yang berbasis di Inggris, menyetujui kesepakatan lisensi untuk PT PAL untuk memproduksi kapal fregat Arrowhead 149 (AH140) di Indonesia dan dikerjakan oleh tenaga kerja dalam negeri.

Desain dan spesifikasi AH140 dapat disesuaikan dengan kebutuhan TNI AL. Dengan dukungan Babcock, PT PAL akan merancang modifikasi yang diperlukan untuk mengkonfigurasi AH140 untuk kebutuhan Indonesia.

Kedubes Inggris mengatakan dengan kerja sama tersebut, kedua negara menegaskan komitmen dan rasa saling percaya serta kesamaan visi untuk masa depan yang aman dengan navigasi laut bebas sebagai inti dari kemitraan.

“Indonesia dan Inggris menegaskan komitmen, rasa saling percaya, dan kesamaan visi untuk masa depan yang aman dengan navigasi laut bebas sebagai intinya. Kedua angkatan laut akan mengoperasikan fregat yang sama,” pungkas Kedubes Inggris di Jakarta.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, menyambut baik kerja sama yang pertahanan yang semakin kuat di antara kedua negara.

Dia menegaskan bahwa Indonesia dan Inggris memiliki hubungan pertahanan dan keamanan yang sangat baik, mencakup berbagai sektor seperti pertahanan siber hingga angkatan laut dan maritim.

“Berbagi kapal baru yang sama adalah langkah lanjut yang memang seharusnya dilakukan. Kita tahu bahwa demi perdamaian, keamanan, dan perdagangan kita yang berkelanjutan, kita perlu membela beberapa bagian tertua dari hukum internasional, termasuk kebebasan laut dan kebebasan navigasi,” kata Jenkins.

“Saya sangat menantikan melihat rekan-rekan kami di Indonesia membangun kapal ini di dermaga Surabaya.”

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksin Covax Gratis

Nasional

Dapat Vaksin Covax Gratis, Sri Mulayani: Kita Bisa Hemat Anggaran
Sriwijaya Air Sj-182

Nasional

Update Pencarian Korban Sriwijaya Air SJ-182, Basarnas Kumpulkan 74 Kantong Jenazah
Yahukimo Papua

Nasional

Tersangka Otak Kerusuhan di Yahukimo Papua Tertangkap
apahabar.com

Nasional

Masa Pandemi, Satgas Covid-19 Setuju Bioskop Dibuka
apahabar.com

Nasional

Polisi Panggil Perwakilan Garuda Indonesia Terkait Laporan Siwi Widi

Nasional

Gagal Jadi PNS Tahun Ini? Tenang, Masih Ada Lowongan CPNS Tahun Depan
apahabar.com

Nasional

Sekjen DPP PAN Batal ke Kalsel, Pengurus Batal Dirombak
Sukmawati Soekarnoputri

Nasional

Profil Sukmawati Soekarnoputri yang Pindah Agama ke Hindu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com