Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Tuntutan Mahasiswa Kalsel Sudah Sampai ke Presiden

- Apahabar.com     Kamis, 2 September 2021 - 16:59 WITA

Tuntutan Mahasiswa Kalsel Sudah Sampai ke Presiden

Sejumlah anggota DPRD Kalsel sudah menyampaikan aspirasi mahasiswa ke Presiden. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mewakili pimpinan dewan menyampaikan pernyataan tuntutan mahasiswa setempat terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM ke Presiden Joko Widodo melalui Sekretariat Kepresidenan di Jakarta, Kamis (2/9).

Mereka yang mewakili Pimpinan DPRD Kalsel tersebut masing-masing Ketua Komisi IV Bidang Kesra H Lutfi Saifuddin SSos, dan Wakil Ketua Komisi III HM Rosehan NB SH yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

“Alhamdulillah kami diterima staf Sekretariat Kepresidenan RI dan bisa menyerahkan tuntutan mahasiswa kita terkait PPKM,” ujar Lutfi, wakil rakyat dari Partai Gerindra melalui WA.

“Mengingat kesibukan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga kita tidak bisa langsung menyerahkan pernyataan tuntutan mahasiswa terkait PPKM.Tapi syukur alhamdulillah kita dapat menyampaikan melalui Sekretariat Kepresidenan,” lanjut wakil rakyat dari Kalsel tersebut.

Sebelumnya, Rabu (30/8) sejumlah mahasiswa Kalsel berunjukrasa ke DPRD provinsi setempat menyampaikan pernyataan/tuntutan terkait PPKM yang ketika itu menerimanya Ketua Dewan H Supian HK didampingi Lutfi Saifuddin.

Pernyataan mahasiswa yang mereka sampaikan melalui DPRD Kalsel tersebut sebanyak sembilan poin yaitu :

1. Menuntut pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi gratis secara merata untuk masyarakat dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaannya.

2. Menuntut pemerintah menjamin pembiayaan kesehatan untuk masyarakat seperti tes diagnosa Covid-19, pemberian suplemen kesehatan pascavaksin.

Selain itu, memberikan jaminan rehabilitasi secara utuh; mulai dari pemenuhan kebutuhan makan, ekonomi dan kebutuhan medis pascavaksin bagi rakyat, khususnya kelompok rakyat rentan, seperti, buruh, nelayan, pedagang kaki lima dan lain-lain, dan jaminan biaya pengobatan pasien Covid-19, termasuk pasien yang melakukan isolasi mandiri (Isoman).

3. Menuntut Pemerintah menjamin pemenuhan hak-hak dasar rakyat selama pandemi Covid-19-19 melanda sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018.

4. Menuntut pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah sebagaimana amanat UU No 6 Tahun 2018.

5. Menuntut pemerintah menjamin pemberian pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang berkeadilan dan berperikemanusiaan selama pandemi Covid-19.

6. Menuntut pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan yang progresif dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

7. Menuntut pemerintah meningkatankan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan, terutama dalam menunjang upaya percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

8. Menuntut pemerintah untuk memperjelas dan menjamin pengelolaan limbah penanganan pandemi Covid-19.

9. Menuntut pemerintah meningkatkan jaminan ketersediaan alat kesehatan, farmasi, dan makanan untuk penanggulangan pandemi Covid-19

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Tak Ingin Raperda Desa Wisata Sekadar Formalitas
apahabar.com

DPRD Kalsel

Proyek KA Kalsel, Komisi III: Masyarakat Bakal Untung
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Ingin Tiru Pengelolaan Hutan di Yogyakarta

DPRD Kalsel

Warga Kalsel Wajib Tahu Manfaat Perda Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
Setwan

DPRD Kalsel

Upaya Tingkatkan Kinerja, Setwan DPRD Kalsel Berguru ke Kalteng
Bang Dhin

DPRD Kalsel

Bang Dhin Dukung RSUD Ansari Saleh Miliki Ruang Isolasi Standar WHO
Pajak Kendaraan

DPRD Kalsel

Legislator Kalsel Minta Permudah Masyarakat Lunasi Tunggakan Pajak Kendaraan

DPRD Kalsel

Begini Sosok Paman Yani di Mata Warga Tanah Bumbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com