Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Update IKN, Pembangunan Infrastruktur Penunjang di Kaltim Sudah Mulai

- Apahabar.com     Rabu, 29 September 2021 - 21:44 WITA

Update IKN, Pembangunan Infrastruktur Penunjang di Kaltim Sudah Mulai

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pembangunan infrastruktur dan sistem logistik untuk penunjang ibu kota baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah dimulai dan terus berjalan.

Hal itu dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa usai menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/9).

Suharso mengatakan pembangunan IKN terus dilakukan secara bertahap. “Dan hari ini kita sebenarnya sudah memulai untuk membangun di daerah-daerah yang sifatnya adalah infrastruktur, logistik di sekitar Kalimantan Timur untuk menunjang IKN yang akan datang,” ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu (29/9).

Suharso dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno menyerahkan langsung Surpres RUU IKN kepada Ketua DPR RI Puan Maharan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

RUU Ibu Kota Negara yang diserahkan ke DPR, kata Suharso, terdiri dari 34 pasal dan 9 bab. Adapun isi RUU ini ialah visi ibu kota negara, pengorganisasian, penggunaan, hingga pembiayaannya. Ia juga memastikan proses pembangunan IKN akan sesuai dengan rencana induk (masterplan) yang sudah disusun.

“Sekali lagi pembangunan IKN ini bukan pembangunan yang kita laksanakan dalam waktu yang katakanlah 3-4 tahun atau 2 tahun, tapi kita lakukan secara bertahap,” ucap Suharso.

Presiden Jokowi dalam sejumlah kesempatan mengatakan upaya pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur tetap berjalan.

Pada 24 Agustus 2021, Presiden meninjau langsung infrastruktur penunjang yakni sodetan akses jalan menuju IKN di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

”Agenda ibu kota baru ini tetap dalam rencana,” ujar Presiden saat itu.

Saat meninjau sodetan akses jalan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Wartawan Pingsan

Nasional

Duh, Usai Divaksin Covid-19 Sejumlah Wartawan Pingsan
Mahfud

Nasional

Indonesia Bukan Negara Islam, Mahfud: Kita Perjuangkan Ajarannya

Ekbis

Menteri Bahlil Dorong Volkswagen Bangun Industri Bahan Baku Listrik di Indonesia
FPI

Nasional

Tak Terdaftar di Kemendagri, Berikut Penjelasan Sekertaris Bantuan Hukum FPI
apahabar.com

Nasional

BNPB Sebut Juli 2019 Merupakan Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah
apahabar.com

Nasional

Tiga Mobil Mewah Kasus Korupsi Mantan Wali Kota Madiun Dilelang
apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan 92 Tersangka Kerusuhan Papua
apahabar.com

Nasional

Pembantaian Salat Jumat di New Zealand, Jokowi : Mengutuk Aksi Penembakan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com