Asyik Belanja di Ramayana Banjarmasin, Pelaku Gendam ATM Dingkus Polisi Viral Perkelahian Massal di Siring Banjarmasin: 14 Remaja Diamankan, 1 Bocah SD Siap Siap! Distribusi Air Bersih Sejumlah Wilayah Banjarmasin Terganggu Siang ini Jembatan Alalak Hanya Riak, Habib Banua: Aspirasi Besar Kalsel Adalah Otonomi Khusus Berkuasa, Taliban Buru Harta Karun Paling Berharga Afganistan

Wakil DPRD Kalsel-HIPMI Tanbu Dorong Peran Pelaku Usaha Lokal

- Apahabar.com     Minggu, 5 September 2021 - 21:29 WITA

Wakil DPRD Kalsel-HIPMI Tanbu Dorong Peran Pelaku Usaha Lokal

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin saat bersilaturrahmi dengan HIPMI Tanbu, Minggu (5/9). Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Peran pelaku usaha lokal jadi perhatian serius ketika Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin bertemu pengurus HIPMI Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Minggu (5/9).

Mereka mendorong agar peranan pelaku usaha lokal lebih dimaksimal dalam setiap pembangunan daerah. Keterlibatan pengusaha lokal, mesti jadi prioritas. Seperti misalnya dalam proyek pengadaan barang dan jasa pemerintahan.

Disamping itu, peran pelaku usaha lokal dilibatkan dalam pelatihan keterampilan kerja konstruksi secara berkala, menyikapi masa transisi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Selain itu perusahaan-perusahaan besar yang ada di kabupaten/kota, baik BUMN maupun swasta agar dapat melakukan kolaborasi dengan pengusaha lokal dan UMKM.

“Saya bersepakat dengan HIPMI Tanbu bahwa pemerintah harus dapat mendorong peningkatan peranan pelaku usaha lokal. Salah satu caranya adalah upaya pemberdayaan kontraktor dan pengusaha lokal dari pimpinan daerah yang baru. Baik dari tingkat kabupaten hingga provinsi,” kata Syaripuddin menanggapi diskusi itu.

Pria akrab disapa Bang Dhin itu, menambahkan, selain pemberdayaan kontraktor lokal, pengusaha lokal di sektor lain juga perlu mendapat perhatian serupa. Terlebih kegiatan pemerintah masih memegang peran cukup sentral sebagai sumber perekonomian pada kabupaten/kota.

“Terkait UMKM, kita perlu sama-sama memompa kalangan muda untuk bersemangat berwirausaha. Saya yakin ide anak-anak muda ini luar biasa brilian, terkadang mereka takut mengeksekusi, baik karena takut gagal dan tidak ada modal. Apalagi ini situasi pandemi, UMKM harus tegar,” kata Bang Dhin.

Berdasarkan data dari UNDP dan FE UI, dampak Covid-19 telah membuat 9 dari 10 pelaku UMKM mengalami penurunan permintaan, 2 dari 3 UMKM mengalami penurunan pendapatan, lebih dari 80 persen mencatat margin keuntungan lebih rendah, lebih dari 53 persen UMKM mengalami penurunan nilai aset, dan sebagian besar UMKM kesulitan mendistribusikan produknya.

“Harapan kita bersama HIPMI adalah berinovasi yang out of box agar bisa membantu pengusaha muda bertahan di tengah situasi sulit karena pandemi Covid-19,” pungkas Bang Dhin.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tarif Bagasi Lion Air Berbeda-beda, Simak Daftarnya
apahabar.com

Kalsel

Jalin Keharmonisan, Kapolresta Batola Serahkan Hewan Kurban ke Pesantren Al Mujahidin
Polisi Belum Temukan Praktek Penimbunan Masker di Banjar

Kalsel

Polisi Belum Temukan Praktik Penimbunan Masker di Banjar
Said Jola

Kalsel

Nih! Harta Selebgram Said Jola yang Raib Digasak Maling

Kalsel

VIDEO: Seorang Ibu di Banjarmasin, Tega Jadikan Putrinya Budak Seks Sejak Umur 14 Tahun
Hari Kemerdekaan

Kalsel

Bebas Saat Hari Kemerdekaan, Napi Rutan Rantau Malah Bingung
Satlantas Polres Tabalong

Kalsel

Mobil Terjungkal, Satlantas Polres Tabalong Periksa Pengemudi
apahabar.com

Kalsel

Polres Tala Tanam Pohon hingga ke Pantai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com