Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Wali Kota Palangka Raya Tetapkan Siaga Darurat Banjir hingga Akhir Desember

- Apahabar.com     Selasa, 14 September 2021 - 09:00 WITA

Wali Kota Palangka Raya Tetapkan Siaga Darurat Banjir hingga Akhir Desember

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin (Tengah) saat meninjau lokasi Banjir di Kota Palangka Raya. Foto-Net

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Mengingat tingginya debit air di Daerah Aliran Sungai Kahayan yang menyebabkan banjir di 6 Kelurahan, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menetapkan status Siaga Darurat Banjir sejak 13 September hingga 31 Desember 2021 mendatang melalui Surat Keputusan Walikota Nomor 188.45/245/2021.

Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk antisipasi sekaligus upaya penanganan bencana banjir di Kota Palangka Raya yang saat ini sudah banyak merendam rumah warga dengan ketinggian air sekitar 60 Cm hingga 1 meter.

Berdasarkan data Informasi Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Metrologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Andriani menyampaikan, sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Tengah saat ini masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat.

“Sampai satu minggu ke depan potensi hujan diperkirakan masih tinggi terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Tengah, sehingga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat,” ujarnya, Selasa (14/9).

Lebih lanjut dijelaskan, kondisi demikian bukanlah tanpa sebab, mengingat pada bulan September hingga Oktober di Wilayah Kalimantan Tengah, telah memasuki peralihan musim dari musim kemarau menjadi musim hujan.

“Jadi potensi cuaca ekstrim seperti curah hujan lebat masih cukup tinggi untuk terjadi, ini juga didukung dengan faktor-faktor, seperti terapat belokan angin di wilayah, sehingga mengakibatkan penumpukan massa udara yang berpotensi pertumbuhan awan-awan hujan,” jelasnya.

Selain itu, terjadinya hujan dengan intensitas lebat juga disebabkan akibat kelembaban udara yang cukup basah, sehingga berkontribusi terhadap pasokan uap air di wilayah Kalteng.

Secara umum berdasarkan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, situasinya berawan hingga hujan ringan, dan ada juga berpotensi hujan sedang hingga lebat

Untuk Suhu udara rata-rata berkisar antara 23-33 derajat celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 55-100 persen

“Angin umumnya bertiup dari arah Utara-Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10-20 kilometer per jam, jadi masyarakat harus selalu waspada terhadap potensi terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir serta angin kencang pada masa peralihan musim ini,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Perbatasan Kalselteng Dijaga Ketat, Bagaimana Jalur Sungai?
Personel BPBD Kabuaten Kapuas saat memantau kondisi banjir di wilayah hulu Kapuas. Foto-Istimewa

Kalteng

Banjir di Hulu Kapuas Berangsur Surut
apahabar.com

Kalteng

Ada Tapai Amsterdam di Kapuas
Kampung Tangguh Nusantara

Kalteng

Bupati Kapuas Bersama Kapolres Canangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara
apahabar.com

Kalteng

Dinkes Kalteng: Pengelola RS Diberi Kesempatan Sanggah Penurunan Kelas
apahabar.com

Kalteng

Patroli Dialogis Polsek Basarang Kapuas, Face to Face Tekankan Kamtibmas
apahabar.com

Kalteng

Natal dan Tahun Baru , Disdik Palangka Ingatkan Guru Tak Tambah Libur
Dinas Kominfo

Kalteng

Dinas Kominfo Kapuas Sosialisasikan Jaringan Internet Terintegrasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com