Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Waspada DBD, Dinkes Kapuas Imbau Warga Lakukan 3M Plus

- Apahabar.com     Kamis, 2 September 2021 - 11:27 WITA

Waspada DBD, Dinkes Kapuas Imbau Warga Lakukan 3M Plus

Ilustrasi nyamuk demam berdarah. Foto: Net

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Selain Covid-19, masyarakat juga saat ini perlu mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) sehubungan masuknya musim pancaroba.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Tonun Irawaty, mengatakan cuaca yang tidak menentu di musim pancaroba dapat meningkatkan potensi munculnya berbagai penyakit.

“Salah satunya seperti penyakit demam berdarah. Untuk itu, saat musim pancaroba seperti sekarang sangat penting kita menjaga prilaku pola hidup bersih dan sehat,” katanya di Kuala Kapuas, Kamis (2/9).

Guna mencegah penyakit DBD, dr Tonun mengimbau masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M plus, yaitu pertama menguras dan membersihkan tempat penampungan air. Kedua menutup rapat semua tempat penampungan air.

Kemudian ketiga, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah.

Sedangkan plusnya diantaranya memelihara ikan pemakan jentik, menjaga ruangan agar tidak gelap dan lembab, tidak menggantung pakaian diluar lemari dan gunakan obat anti nyamuk.

Kemudian menanam tanaman pengusir nyamuk, mengeringkan tempat lain yang dapat menampung air hujan, tidur menggunakan kelambu dan gotong royong membersihkan lingkungan.

“Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk itu harus rutin kita lakukan setiap hari dan kebersihan lingkungan juga tidak boleh dilupakan,” ujar Tonun.

“Kemudian yang terpenting lagi, melakukan pola hidup yang sehat. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat dan semua itu berawal dari diri kita sendiri,” pungkasnya.


Kepala Bidang Pencegahan dan Perlindungan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Tonun Irawaty. Foto-apahabar.com/Irfansyah

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

SKK Migas dan Ophir Serahkan Bantuan APD untuk RS Bhayangkara
Tiga Pohon

Kalteng

Angin Kencang, Tiga Pohon Besar di Taman Hutan Kota Kapuas Tumbang
apahabar.com

Kalteng

Razia Lapas Muara Teweh, Tim Satops Patnal Temukan Sejumlah Barang Terlarang
apahabar.com

Kalteng

Bandara Haji Muhammad Sidik Barito Utara Kalteng Beroperasi Tahun Ini
DPRD Kalten

Kalteng

Tak kantongi Izin, Mahasiswa Gagal Orasi di DPRD Kalteng
Tim Pemenangan

Kalteng

Tim Pemenangan 02 Optimistis Petahana Kembali Terpilih
KPU barut

Kalteng

KPU Barut Laksanakan Rapat Evaluasi PPK

Kalteng

Geliat di Tengah Pandemi, Wali Kota Palangka Raya Resmikan Klinik Kecantikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com