Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

WHO Target Vaksin Dunia Capai 70 Persen Tahun Depan

- Apahabar.com     Senin, 6 September 2021 - 21:11 WITA

WHO Target Vaksin Dunia Capai 70 Persen Tahun Depan

Ilustrasi, WHO. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen pada pertengahan tahun depan. Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, di sela pertemuan G20 belum lama ini.

“Target global WHO adalah untuk mendukung setiap negara memvaksinasi setidaknya 10 persen populasinya akhir bulan ini, dan setidaknya 40 persen akhir tahun ini, dan 70 persen populasi dunia pada pertengahan tahun depan,” ujar Ghebreyesus seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (6/9).

Ghebreyesus memasang target ini karena khawatir melihat kondisi negara-negara dunia yang mengalami kenaikan angka kasus positif dan tingkat kematian akibat Covid-19.

“Banyak negara terus menghadapi peningkatan tajam dalam kasus dan kematian (Covid-19), meskipun faktanya lebih dari 5 miliar vaksin kini telah diberikan di seluruh dunia,” katanya berdasarkan salinan pidato yang dirilis di situs resmi WHO.

Ghebreyesus pun sekali lagi membahas ketimpangan vaksinasi negara-negara dunia.

Selain itu, WHO juga meminta bantuan negara G20 agar mendistribusikan vaksin secara merata. Ia lantas menyampaikan sejumlah saran kepada negara-negara G20.

Pertama, menukar jadwal pengiriman jangka pendek dengan COVAX. Kedua, memenuhi janji pembagian dosis vaksin paling lambat akhir bulan ini.

Ketiga, memfasilitasi berbagi teknologi, pengetahuan, dan kekayaan intelektual untuk mendukung pembuatan vaksin regional.

Selain itu, WHO juga meminta negara G20 untuk mendukung pengembangan dan adopsi perjanjian internasional yang mengikat secara hukum terkait kesiapsiagaan dan respons akan pandemi untuk generasi mendatang.

Sampai saat ini, kasus Covid-19 di dunia mencapai 221 juta kasus, dengan jumlah kematian di atas empat juta, berdasarkan data Worldometers. Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia, disusul India dan Brazil.

Rusia dan Inggris menjadi negara keempat dan kelima dengan kasus positif Covid-19 tertinggi. Indonesia sendiri masuk ke dalam urutan 13 negara dengan kasus positif tertinggi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Trump Sebut Covid-19 Akan Hilang Meski Tanpa Vaksin
Olimpiade Tokyo 2020

Internasional

Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, Kerugian Jepang Diprediksi Mencapai Puluhan Triliun
apahabar.com

Internasional

China Uji Coba Bus Nirawak Berbasis 5G
apahabar.com

Internasional

Tak Terima Dituding Negara Sponsor Terorisme, Iran Sebut Raja Salman Pembunuh Rakyat Yaman
apahabar.com

Internasional

Gempa di Turki, 6 Tewas dan 202 Luka-Luka
apahabar.com

Internasional

Belajar dari Ledakan di Lebanon, Mengapa ‘Bahan Pupuk’ Ini Bisa Begitu Berbahaya
AstraZeneca

Internasional

Vaksin AstraZeneca untuk Usia 60 Tahun ke Atas Disetop, Ada Apa?
apahabar.com

Internasional

Siap Balas Dendam, Iran Yakin Israel di Balik Pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com