Setahun 2 Kali Kalsel Darurat Banjir, Jangan Melulu Salahkan Cuaca Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik Sikapi Putusan MK, Jokowi Tegaskan Revisi UU Cipta Kerja Secepatnya

1,3 Ton Daging Bebek Surabaya Ditahan di Balikpapan

- Apahabar.com     Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:31 WITA

1,3 Ton Daging Bebek Surabaya Ditahan di Balikpapan

Balai Karantina Pertanian Balikpapan Kelas I Balikpapan melakukan penahanan terhadap 1,3 ton daging bebek asal Surabaya. Usut punya usut daging bebek tersebut tidak memiliki sertifikat atau persyaratan dokumen yang diminta.apahabar.com/Yadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Balai Karantina Pertanian Balikpapan Kelas I Balikpapan menahan 1,3 ton daging bebek asal Surabaya. Usut punya usut daging bebek tersebut tidak memiliki sertifikat atau persyaratan dokumen yang diminta.

Hal ini dibenarkan oleh Endyokta Widoyono, selaku Subkoordinator Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Balikpapan pada Selasa (26/10). Yakni pihaknya disibukkan dengan melakukan pemeriksaan kedatangan daging bebek tersebut pada pukul 05.00 wita.

“Ternyata daging-daging tersebut tidak dilengkapi oleh Sertifikat Sanitasi Produk Hewan dari daerah asal. Sebanyak 1,3 ton daging bebek asal Pelabuhan Tanjung Perak yang dikemas ke dalam 24 kotak styrofoam ditahan karena tidak disertai dokumen perkarantinaan,” katanya.

Awalnya, Pejabat Karantina Hewan mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai daging bebek-daging bebek tak bersertifikat yang diberangkatkan dengan KM Dharma Ferry 7 dari Pelabuhan Tanjung Perak pada Jumat, (22/10) pukul 20.52 WIB.

Info yang sebelumnya didapatkan, daging bebek yang dilalulintaskan adalah sebanyak 15 kotak styrofoam. Namun ternyata setelah dilakukan pengecekan di Pelabuhan Semayang Balikpapan, terdapat 24 kotak styrofoam daging bebek yang modus operandinya dititipkan di truk bermuatan sayuran.

Setelah Pejabat Karantina Hewan Karantina Pertanian Balikpapan wilker Pelabuhan Semayang berhasil menemukan daging bebek di dalam kotak styrofoam yang ditutup menggunakan terpal.

Barang bukti segera diamankan ke Kantor Induk Karantina Pertanian Balikpapan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada pemilik yang berada di Balikpapan oleh Tim Pengawasan dan Penindakan.

“Kami akan memberikan waktu sebanyak tiga hari kerja untuk pemilik dapat melengkapi dokumen yang diperlukan. Apabila tidak dapat dipenuhi, maka akan dilakukan penolakan kembali ke Surabaya. Diharapkan hal seperti ini tidak terulang kembali, agar pemilik tidak mengalami kerugian finansial yang besar mengingat daging bebek yang dilalulintaskan jumlahnya cukup banyak”, pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

ABK Kelotok Pengangkut Batu Bara di Kukar Ditemukan Tewas
D614G

Kaltim

Balikpapan Waspada Virus Baru D614G, Diduga Pemicu Tingginya Kasus Covid-19
Oximeter

Kaltim

Oximeter Langka di Balikpapan, Dinkes Siap Berikan Kepada Warga
Curanmor Balikpapan

Kaltim

Komplotan Curanmor Balikpapan Diringkus, 3 Motor Ditemukan di Paser
VC Pamer Kelamin

Kaltim

Waspada VC Pamer Kelamin di Instagram, Jurnalis Perempuan Balikpapan Jadi Korban
Lockdown

Kaltim

Mulai Besok, Kaltim Berlakukan Lockdown Weekend
penculikan anak

Kaltim

Cerita Warga Temukan Korban Penculikan di Balikpapan, Matriza Adiba Zahra Dibawa Sama ‘Om’
apahabar.com

Kaltim

Kampung Inggris Penajam Segera Dibangun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com