Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

5 Rumah dan Barak Terbakar di Tamban Batola, Kerugian Capai Miliaran

- Apahabar.com     Rabu, 27 Oktober 2021 - 22:17 WITA

5 Rumah dan Barak Terbakar di Tamban Batola, Kerugian Capai Miliaran

Petugas melakukan identifikasi di lokasi kebakaran yang melalap 5 rumah dan sebuah barak di Desa Tinggiran II Luar, Kecamatan Tamban, Rabu (27/10). Foto: Humas Polres Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Sedikitnya 5 rumah dan sebuah barak di RT 16 dan 17 Desa Tinggiran II Luar, Kecamatan Tamban, ludes diamuk api, Rabu (27/10).

Mulai berkobar sekitar pukul 15.45 Wita, api cukup cepat menyebar akibat bantuan angin yang bertiup dari arah Sungai Barito.

Mayoritas bangunan terbuat dari kayu dan berjarak cukup rapat satu sama lain. Sementara akses menuju lokasi hanya menggunakan titian.

Beruntung barisan pemadam kebakaran cukup cepat merespons kejadia, sehingga jumlah rumah yang terbakar tidak bertambah banyak.

Selain dari darat, pemadaman juga dilakukan dari air menggunakan kelotok. Sekitar pukul 15.50 Wita, api berhasil dipadamkan.

Kebakaran itu menyebabkan rumah yang ditempati keluarga Hj Wardiah, M Zahanes, Fariyadi, dan Edi terbakar habis. Sedangkan rumah Amayudin terbakar sekitar 50 persen.

Adapun barak atau bidakan tujuh pintu milik Hj Wardiah yang disewa Maskur, Gopir, Aji, Aisyah, M Ramadhan dan Ike Arbayah, juga terbakar habis.

“Dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik dengan kerugian mencapai Rp1 miliar,” jelas Kapolres Barito Kuala, AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif, melalui Kapolsek Tamban, Iptu Pesta Napitupulu.

“Api pertama kali diketahui M Ramadhan yang merasakan panas dan melihat asap masuk kamar. Setelah memeriksa keluar, api bersumber dari bidakan yang disewa Ike Arbayah,” imbuhnya.

Oleh Camat Tamban, semua korban diarahkan bermalam sementara di mess dan kantin PT Tanjung Raya Plywood yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran.

“Sedikit bantuan tanggap darurat sudah dibagikan kepada korban,” papar Camat Tamban, Agus Supriyadi, kepada apahabar.com.

“Kami juga sudah melaporkan kejadian ini kepada Bupati, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batola untuk penanganan bantuan selanjutnya,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Nikmati Sewa Ruko Pasar Handil Bakti, Mantan Wabup Batola Ditahan Kejaksaan
Abu Janda

Batola

Akibat Twit Sara, KNPI Batola Dukung Bareskrim Periksa Abu Janda
Sekolah

Batola

Baru Sepekan Berjalan, Pembelajaran Tatap Muka di Batola Dihentikan

Batola

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Guru di Batola Mulai Divaksin Covid-19

Batola

Kendalikan Covid-19, Acara Pemkab Batola Dianjurkan Wajib Rapid Antigen
apahabar.com

Batola

Belawang Dongkrak Kasus Positif Covid-19 di Batola
apahabar.com

Batola

Batola Menyala Lagi, 14 Kecamatan Zona Merah Covid-19
Kehilangan Pekerjaan

Batola

Dicatut Akun TikTok Palsu, Seorang Warga Marabahan Terancam Kehilangan Pekerjaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com