Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Alasan Sukmawati Peluk Agama Hindu di Usia 70 Tahun

- Apahabar.com     Selasa, 26 Oktober 2021 - 23:28 WITA

Alasan Sukmawati Peluk Agama Hindu di Usia 70 Tahun

Putri Presiden pertama RI Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri. Foto-Istimewa

apahabar.com, DENPASAR – Putri Presiden pertama RI Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, mengungkapkan alasan pindah agama dari Islam ke Hindu pada usia 70 tahun.

Sukmawati menyebut selama ini menjalani ajaran agama mengalir begitu saja. Ia mengaku selalu berusaha memahami Islam dan menjadi orang yang baik di tengah masyarakat.

“Tetapi terutama kan ibu sejak lahir ditiupkan Islam di kuping, tapi artinya orang tua ibu, kedua beliau itu memang Islam pastinya ya mengarahkan sejarah bagaimana Islam, ajaran Islam,” kata Sukmawati dalam konferensi pers, Selasa (26/10).

“Tapi kemudian ibu pun berusaha pahami Islam, walaupun bagi ibu yang penting bukan saya jadi orang suci, tapi bagaimana saya jadi orang baik bagi masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Sukmawati mengatakan dirinya selalu berusaha mempelajari ilmu agama semampunya. Namun, ia melakukanya secara mendalam, mengingat dirinya adalah seorang ahli di bidang seni budaya.

Ia mengaku tidak pernah berpikir untuk pindah agama selama orang tua serta suaminya masih hidup, meski sudah mulai mempelajari Hindu.

“Jadi belum terpikirlah demikian, dengan menghormati orang tua jadi ibu tidak terpikir walaupun agama Hindu sudah banyak ibu pelajari dari menarik di batin ibu. Cuma setelah enggak ada, saya punya suami yang secara Islam, saya juga hormat dan toleransi kepada suami yang Islam yang juga berusaha memberikan pengatahuan Islam kepada ibu,” tuturnya.

Sukmawati berkata pikiran untuk pindah memeluk Hindu mulai ada setelah suaminya meninggal dunia. Menurutnya, Hindu menjadi agama pilihannya karena memiliki keintiman dengan masyarakat Bali.

“Bali dengan Hindu, dengan seni budaya itu kan cukup kental. Seni budaya segala macam di Bali kental dengan Hindu. Kurang lebihnya setelah tidak terikat orang-orang dekat yang Islam, kemudian ibu lebih dalami Hindu kemudian ibu pikir ya sudah waktunya proses ini ibu beralih memeluk agama leluhur,” kata Sukmawati.

Proses perpindahan agama dimulai Senin (25/10). Pada hari ini, ia menuntaskan proses perpindahan agama. Sukmawati melakukan upacara Sudhi Wadani di Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Desa Paket Agung, Kabupaten Buleleng.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Korban PHK Nekad Mudik Jalan Kaki dari Jakarta ke Solo
Covid-19

Nasional

30 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Palembang

Nasional

Anggota DPR Ingin BPOM Sidak Jelang Akhir Tahun
Nadiem

Nasional

Mendikbud Nadiem Terbitkan SE Peniadaan UN dan Ujian Sekolah
apahabar.com

Nasional

Herman Terduga Pembunuh Levi di Mata Ibunda: Dia Tak Suka Bikin Onar
Sidak SPBU, Erick Thohir Minta Gratiskan Toilet. Foto-Istimewa

Nasional

Sidak SPBU, Erick Thohir Minta Gratiskan Toilet
apahabar.com

Nasional

Pembunuh Febri, Waria yang Tewas di Salon Banjarmasin Selatan Masih Berkeliaran

Nasional

Wartawan Media Online di Sumut Tewas Ditembak OTK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com