Braakk! Pemuda “Gaduk” Tubruk Bokong Truk di Kotabaru Golkar Banjar Terbelah, Antung Aman & H Rusli Saling Klaim Kepemimpinan INNALILLAHI, Nelayan Kerumputan Kotabaru Ditemukan Tak Bernyawa Geger Api di Liang Anggang, Relawan Sulit Jangkau Titik Api Kisah Istri Alm Brimob Kalsel Jadi Sopir Travel Demi Hidupi 8 Anak, Gaji Habis Bulan Depan

Bantu Keluarga Miskin, Set Top Box Gratis TV Digital Akan Dibagikan

- Apahabar.com     Selasa, 12 Oktober 2021 - 19:32 WITA

Bantu Keluarga Miskin, Set Top Box Gratis TV Digital Akan Dibagikan

Set Top Box gratis TV digital disalurkan. Foto-Ilustrasi/detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah dan penyelenggara multipleksing (mux) akan membagikan set top box gratis TV digital untuk warga miskin. Bagaimana distribusi penyaluran bantuan set top box (STB) gratis tersebut?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengestimasi ada 43 juta rumah tangga yang merupakan pengguna TV free to air. Kemudian, ada 37,7 juta set top box/TV digital yang dibutuhkan.

Untuk bantuan keluarga miskin, Kominfo menyebutkan sekitar 7 juta set top box gratis disalurkan. STB tersebut dibagikan bagi penerima manfaat yang sudah memiliki perangkat televisi, namun masih berupa TV analog.

Set Top Box adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke TV analog. STB juga sering disebut dekoder atau receiver.

Adapun 7 juta set top box gratis TV digital tersebut, 4 juta di antaranya bersumber dari penyelenggara mux dan 3 juta STB bersumber dari pemerintah.

“Kenapa kita harus ASO (Analog Switch Off) karena kita harus menjalankan Undang-Undang Cipta Kerja yang mengamanatkan bahwa dua tahun implementasi sejak diundangkan, di 2 November 2022 kita harus memasuki ASO,” kata Direktur Pengembangan Pita Lebar Kominfo, Marvels Situmorang dalam webinar ‘Sumatera Siap Analog Switch Off’, kutip Detikcom.

Syarat untuk mendapat set top box gratis TV digital sebagai berikut:

WNI dengan KTP Elektronik

Rumah tangga miskin yang memiliki televisi, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bidang sosial
Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO
Data keluarga miskin tersebut Kominfo peroleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial. Setelah data penerima bantuan tersebut sudah valid, pemerintah akan mendistribusikan set top box dari penyelenggara mux atau pemerintah.

Ada dua mekanisme pendistribusian set top box gratis bantuan pemerintah, yakni penerima manfaat mengambil di suatu tempat atau pengiriman set top box langsung ke penerima.

Semula rencana migrasi TV analog ke digital akan dilakukan pada 17 Agustus 2021 kemarin. Hanya saja, pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan masukan dari publik, penghentian TV analog diundur jadi tahun depan.

Tahap 1 suntik mati TV analog dimulai 30 April 2022. Kemudian dilanjutkan Tahap 2 pada 31 Agustus 2022, dan terakhir Tahap 3 dilakukan pada 2 November 2022.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Cerita Dokter di Natuna Saat Dinyatakan Positif Covid-19 hingga Berhasil Sembuh
apahabar.com

Nasional

Kadiv PAS Kemenkumham Kalsel soal Penyiraman Air Keras: ‘Bukan Saya, Kalian Salah Orang’
apahabar.com

Nasional

Terjaring OTT KPK, PPP Langsung Pecat Istri Bupati Kutim
apahabar.com

Nasional

Pilkada Serentak 2020, KPU Jamin Hak Pilih Pasien Covid-19
apahabar.com

Nasional

Usai Aksi Mendebarkan yang Buat Limbad Bersuara, Captain Vincent Dicabut Izin Terbang
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Unair DO Gilang ‘Bungkus’ Terduga Fetish Jarik
apahabar.com

Nasional

Waspada! Rokok Elektronik Rentan Disusupi Narkoba
vaksin

Nasional

Heboh Penerima Dua Tahun Meninggal Usai Divaksin, Benarkah?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com