Cek di Sini! Hasil Menteri Basoeki Tinjau Kelayan Barat Banjarmasin Gelar Aksi Saat Jokowi ke Banjarmasin, BEM Kalsel: Hanya Kebetulan Kecelakaan Maut di Sepagar Kotabaru, 2 Orang Tewas di Tempat Besok Jokowi ke Tanbu, Pangdam VI Mulawarman Turun Cek Pasukan Datang ke Banjarmasin, Jokowi Bakal Disambut Unjuk Rasa

Bappeda Tanbu Gelar Coaching Clinic 2 Program PPSP 2021

- Apahabar.com     Jumat, 8 Oktober 2021 - 13:48 WITA

Bappeda Tanbu Gelar Coaching Clinic 2 Program PPSP 2021

Kegiatan Coaching Clinic 2 Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) Tahun 2021. Foto-apahabar.com/Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Coaching Clinic 2 Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) Tahun 2021.

Mengangkat tema ‘Implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten Tanah Bumbu dalam Upaya Pencapaian Target Akses Sanitasi Tahun 2022-2024’, kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj Mariani di Ruang DLR Kantor Bupati.

Peserta Coaching Clinic adalah kelompok kerja (Pokja) yang terlibat di dalamnya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perkimtan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Disdikbud, BPS dan pihak terkait lainnya.

Serta turut menghadirkan Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan.

“Sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang menjadi bagian dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs),” ucap Hj Mariani, Jumat (8/10).

Layanan sanitasi berkelanjutan juga merupakan amanat RPJMD 2020-2024, sehingga akan dapat diwujudkan melalui penyusunan strategi sanitasi yang berkualitas dengan implementasi yang sistematis dan efektif.

Sasaran sanitasi kabupaten berfungsi sebagai acuan pembagian peran antar pelaku pembangunan sanitasi, menjadi kendali bagi realisasi pembangunan sanitasi yang berbasis kinerja serta sebagai gambaran umum kebutuhan sanitasi tahunan dan jangka menengah.

“Dari data yang ada, masih terdapat perbedaan dengan target yang ditetapkan oleh Bappenas untuk tahun 2024 nanti. Oleh karena itu, kita masih memiliki PR untuk mencapai target tersebut,” jelas Hj Mariani.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah mencapai target akses sanitasi di Bumi Bersujud, serta sebagai fungsi advokasi, advisori, koordinasi, fasilitasi, supervisi dan sinkronisasi.

“Jadi, kami meminta dukungan komitmen dan upaya luar biasa dari semua pihak baik pusat, daerah, swasta, komunitas, masyarakat dan pemangku kepentenginan lainnya untuk mensukseskan target itu,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ini Strategi Dinas PUPR Tanbu Agar Kabel PJU Tak Dicuri Maling
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kelola Arsip, Dispersip Tanah Bumbu Bangun Kesadaran SKPD
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Wakil Rakyat Tanbu Terima Kunjungan Anggota DPRD Penajam Paser Utara
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Melalui Siaran Keliling, Pemkab Tanbu Sampaikan Imbauan kepada Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antisipasi Banjir, Bupati Tanah Bumbu Pimpin Kerja Bakti di Desa Sejahtera
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

PDP di Tanbu Bertambah 1, Total 2 Orang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rooswandi Minta anggota PMI Bekerja Tanpa Pamrih
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sambut Kedatangan Gol A Gong, Dinas Pendidikan Tanbu: Semoga Tumbuh Iklim Menulis di Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com