Resmikan Pabrik Bio Diesel di Tanah Bumbu, Jokowi Bakal Naik Helikopter Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021 Terungkap, Penyebab Kematian Ibu Muda di Hotel Berbintang Banjarmasin Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan BREAKING! Tim Advance Pak Jokowi Tiba di Bandara Syamsudin Noor

BBM Langka di Inggris, Warga Frustasi Mengantre

- Apahabar.com     Jumat, 1 Oktober 2021 - 22:07 WITA

BBM Langka di Inggris, Warga Frustasi Mengantre

Antrean di sejumlah SPBU di Inggris akibat keterlambatan distribusi BBM. Foto-REUTERS

apahabar.com, JAKARTA – Keterlambatan pengiriman membuat stok bahan bakar minyak (BBM) di 2000 pom bensin di Inggris langka. Hal itu disbabkan krisis sopir truk pengangkut.

Antrean panjang kendaraan masih terlihat mengular di banyak pom bensin kota-kota besar. Perkelahian juga dilaporkan pecah antara warga yang tengah frustasi mengantre di SPBU untuk mengisi tangki kendaraan mereka.

Melansir CNN Indonesia yang mengutip Reuters, tak sedikit pula warga yang mengisi bensin ke botol-botol bekas air minum sebagai cadangan.

Padahal pemerintah Inggris telah berulang kali menekankan bahwa krisis rantai pasokan BBM ini telah berhasil ditangani dengan mengerahkan personel militer untuk membantu mengemudikan truk-truk BBM.

Sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan perkelahian sempat pecah antara sejumlah pengemudi yang tengah mengantre di salah satu pom bensin Esso di Inggris, seperti dilansir The Independent.

Asosiasi Pengecer Bensin (PRA) melaporkan 27 persen pom bensin tutup akibat pasokan BBM habis, sementara itu sekitar 21 persen SPBU lainnya hanya menjual satu jenis bahan bakar. Sedangkan 52 persen pom bensin dikabarkan memiliki cukup bensin dan solar.

“Ini habis lebih cepat dari biasanya karena permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif PRA Gordon Balmer.

Reuters mengerahkan wartawan ke 10 pom bensin di London dan sekitarnya pada Kamis (30/9). Tiga pom bensin buka dan dipenuhi oleh warga yang mengantre untuk mengisi BBM.

Tak hanya mempengaruhi pasokan BBM, kekurangan sopir ini juga berdampak pada sektor farmasi. Berbagai pabrik farmasi mulai kesulitan mendistribusikan obat-obatan ke berbagai apotek di Inggris.

“Seluruh rantai pasokan telah terpengaruh dari pasokan depot grosir masuk hingga pengiriman depot keluar ke apotek,” kata juru bicara asosiasi perwakilan salah satu farmasi di Inggris.

Selain krisis rantai pasokan BBM yang berbuntut pada distribusi barang hingga obat-obatan, sektor peternakan juga tengah mengalami krisis.

Industri peternakan memperingatkan bahwa ratusan ribu babi mungkin harus dimusnahkan dalam beberapa minggu akibat tidak laku terjual akibat kekurangan tukang daging yang diizinkan masuk Inggris.

Sama seperti krisis sopir truk pengangkut BBM, salah satu penyebab krisis tukang daging di negara itu adalah pandemi Covid-19 dan kebijakan imigrasi Inggris pasca Brexit. Kebijakan ini membatasi arus pekerja di wilayah Eropa Timur.

Rentetan masalah ini diprediksi dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Inggris yang diproyeksikan dapat mencapai tujuh persen pada tahun ini.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Nasional

Vaksinasi Masih Rendah, Angka Kematian Akibat Covid-19 RI Tertinggi
Covid-19

Nasional

405 Dokter Gugur Karena Covid, IDI Minta Ada Intervensi
apahabar.com

Nasional

Menpora Imam Nahrawi Katakan Akan Patuh Terhadap Masalah Hukum
Herman Lantang

Nasional

Pencinta Alam Berduka, Herman Lantang Sahabat Soe Hok Gie Wafat

Nasional

Ada WN Afsel dan Portugal di Antara 41 Napi Lapas Tangerang yang Tewas
PPKM

Nasional

PPKM Darurat Siap Diterapkan, Mendagri: Jangan Panik!

Nasional

PPATK: Sumbangan Rp2 T Akidi Tio Hampir Dipastikan Bodong

Nasional

Tes SKD CPNS Dijadwalkan Ulang Gara-gara Gangguan Internet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com