Ssttt! Wanita di Pusaran Bupati HSU Diperiksa KPK Lagi Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru

Berbiaya Rp 278 Milliar, Kementerian PUPR: Jangan Ada Vandalisme di Jembatan Sei Alalak

- Apahabar.com     Kamis, 21 Oktober 2021 - 20:31 WITA

Berbiaya Rp 278 Milliar, Kementerian PUPR: Jangan Ada Vandalisme di Jembatan Sei Alalak

Jembatan Sei Alalak usai diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (21/10) sore. Foto-Ahmad Rifad

apahabar.com, BANJARMASIN – Usai diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (21/10) sore, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengajak masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga Jembatan Sei Alalak dari aksi vandalisme.

Dalam wawancara khusus bersama apahabar.com, Hedy Rahadian menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk dapat mempergunakan Jembatan Sei Alalak sesuai aturan.

Hal tersebut di sampaikan Hedy mengingat Jembatan Sei Alalak dibangun menggunakan uang rakyat yang jumlahnya tidak sedikit yakni senilai Rp 278 miliar.

“Gunakan jembatan ini dalam berlalu lintas sesuai aturan yang berlaku, dan juga masyarakat ikut menjaga jangan sampai ada vandalisme, karena ini Rp 278 miliar bukan uang yang sedikit. Ini uang masyarakat, uang negara. Ya, negara, kan, pemegang sahamnya masyarakat. Jadi sama-sama menjaga,” ungkap Hedy.

Ditanya soal pemeliharaan, Hedy mengatakan akan dilakukan sesuai dengan peraturan menteri tentang keamanan jembatan bentang panjang dan ada pengecekan secara rutin oleh komisi keamanan untuk memastikan bahwa rencana pemeliharaan dari pemerintah telah berjalan.

“Pemeliharaan kita sudah ada manualnya dari kontraktor, dan sesuai dengan peraturan menteri tentang bagaimana keamanan jembatan bentang panjang, itu nanti secara rutin komisi keamanan akan mencek apakah rencana pemeliharaan menurut pemerintah telah dilaksanakan atau tidak”

Jembatan Sei Alalak merupakan jembatan melengkung pertama di Indonesia. Karena itu, Hedy mengatakan ada beberapa teknik khusus yang harus dilakukan untuk pemeliharaannya.

“Secara umum sama dengan jembatan lainnya, cuma ini kan karena ada beberapa yang membutuhkan teknik khusus bagaimana mencapai titik-titik yang harus kita periksa, tapi sekarang dengan adanya drone bisa sangat terbantu” pungkas Hedy.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tak Terawat, Siring Sungai Baru Banjarmasin Kembali Dipercantik

Kalsel

Hari Ini Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi di Banjarmasin, Berikut Informasinya
apahabar.com

Kalsel

Tenggelam di Sungai Barito, ABK Trans Power Lenyap
Turun ke Jalan

Banjarmasin

Turun ke Jalan, Siswa Banjarmasin Usung Tulisan ‘Agustusan Kali Ini Lomba Bertahan Hidup’
apahabar.com

Kalsel

Oral Seks Diduga Oknum Siswi Banjarmasin, Disdik Sambangi Sekolah
apahabar.com

Kalsel

HUT Bhayangkara di Tengah Pandemi, Kapolres Tala Janji Lanjutkan Penyaluran Bansos
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Bawaslu, Cagub Kalsel Denny Beber Modus Dugaan Money Politics
apahabar.com

Kalsel

Dini Hari, Sejumlah Rumah di Teluk Dalam Hangus Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com