Setahun 2 Kali Kalsel Darurat Banjir, Jangan Melulu Salahkan Cuaca Ssttt..Jaksa Dalami Dugaan TPPU HKN Banjarmasin Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik

Buka Rakor Tim Pora di Kalsel, Ini Pesan Wamenkumham

- Apahabar.com     Jumat, 22 Oktober 2021 - 20:14 WITA

Buka Rakor Tim Pora di Kalsel, Ini Pesan Wamenkumham

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward Omar Sharif Hiariej. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward Omar Sharif Hiariej meminta pada Kepala daerah bersiap gelombang orang asing yang mulai berdatangan setelah pandemi Covid-19.

Hal itu ia sampaikan saat membuka rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Jumat (22/10) siang.

“Tapi saya kira apa yang dilakukan hari ini agar kita tidak kecolongan,” kata Edward Omar Sharif Hiariej membuka Rakor yang dihadiri para Kepala daerah di Kalsel.

Menurutnya, upaya koordinasi yang digelar oleh Tim Pora untuk mencegah hal yang tak diinginkan terjadi di daerah.

Indonesia menurutnya, menjadi negara yang paling strategis aksi kejahatan internasional karena terletak di antara dua benua. Di tambah garis pantai Indonesia adalah yang terpanjang ke dua di dunia.

“Hal itu tentu punya resiko yang besar terhadap aktivitas kejahatan yang dilakukan oleh orang asing,” ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM, Tejo Harwanto menyampaikan, tujuan diselenggarakannya Rapat Koordinasi TIMPORA yang langsung dihadiri oleh Wamenkumham ini bertujuan untuk menjaga tegaknya Kedaulatan NKRI dari aspek Keimigrasian.

“Berbicara mengenai orang asing dalam hal ini tidak hanya menjadi persoalan Keimigrasian semata, akan tetapi menjadi persoalan sosial dan politik di dalam kehidupan masyarakat di negara kita. TIM pora Kalsel menjadi wadah untuk saling bertukar informasi untuk mencari solusi bersama di dalam menangani persoalan orang asing khususnya di Kalimantan Selatan,” ucap Tejo.

Untuk diketahui, Tim Pora Kalsel sendiri memiliki tugas untuk mengadakan rapat koordinasi pengawasan atas keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan pertukaran data dan informasi atas keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi dan/atau lembaga pemerintah terkait mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing, serta melakukan operasi gabungan jika diperlukan untuk memastikan tidak terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh WNA di Kalimantan Selatan.

TIMPORA Kalsel yang dikomandoi oleh Divisi Keimigrasian saat ini mengawasi sebanyak 61 perusahaan yang mempekerjakan 252 Tenaga Kerja Asing (TKA).

Wamenkumham

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Di Tengah Pandemi, BNN Banjarmasin Tetap Galakkan Sosialisasi Anti Narkoba
apahabar.com

Kalsel

Melawan Corona, Pejuang Mulia Bantu Anak Yatim Banjarmasin

Kalsel

Viral Perkelahian Massal di Siring Banjarmasin: 14 Remaja Diamankan, 1 Bocah SD
apahabar.com

Kalsel

Kuota Belum Terpenuhi, Disdik Kota Banjarmasin Beri Tenggat Waktu Hingga Pertengahan Juli
apahabar.com

Kalsel

Masuk Komisi V DPR RI, Rifqinizami Siap Bantu Kalsel Sebagai Penyangga IKN
Pandemi Covid-19, Pemkab Tanbu Berikan Bantuan Buat Insan Pers

Kalsel

Pandemi Covid-19, Pemkab Tanbu Berikan Bantuan Buat Insan Pers  
apahabar.com

Kalsel

Bawa Kalteng Putra ke Liga 1, Nasib Kas Hartadi Tak Tentu
apahabar.com

Kalsel

Halangi Matahari Sinari Jalan, Tiga Pilar di Bintang Ara Tabalong Bersihkan Pohon Rindang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com