Banjir Meluas ke Pusat Kota HST, Diprediksi Puncak Air Naik Tengah Malam Bangun Gedung Baru, Uniska MAB Juga Usul 6 Dosen Jadi Guru Besar Jelang Nataru di Tabalong, 4 Warga Beserta Ratusan Botol Miras Diamankan Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Resmi, Pengurus MUI Kotabaru Dikukuhkan

Polemik Doktor Kehormatan Paman Birin, ULM Dicap Obral Gelar

- Apahabar.com     Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:56 WITA

Polemik Doktor Kehormatan Paman Birin, ULM Dicap Obral Gelar

Pemberian gelar doktor honoris causa dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terhadap Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, terus menuai kritik. apahabar.com/Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemberian gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terhadap Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, terus menuai kritik.

Dasar penganugerahan pemberian gelar ke Paman Birin dinilai tak sesuai kaidah akademik hingga membuat ULM dicap sebagai perguruan tinggi yang mengobral gelar doktor kehormatan.

Pengamat Kebijakan Publik Kalimantan Selatan Uhaib As’ad menilai fenomena “obral gelar” di perguruan tinggi begitu marak terjadi belakangan.

“Perguruan tinggi, khususnya negeri itu begitu mudahnya mengobral gelar baik kepada politisi maupun pengusaha,” ucapnya kepada apahabar.com, Rabu (27/10).

Fenomena seperti ini, kata Uhaib, bukan hanya terjadi di Kalsel, melainkan hampir di seluruh Indonesia.

Menurutnya, parameter perguruan tinggi dalam memberikan gelar saat ini sudah berubah.

“Logikanya, asal orang itu punya relasi kuasa dengan perguruan tinggi tertentu serta memiliki kuasa politik dan uang, bisa saja gelar-gelar itu akan diberikan kepada orang yang dianggap pantas,” ujarnya.

View this post on Instagram

A post shared by apahabar.com (@apahabar)

Dia lantas membandingkan fenomena sekarang dengan buku karya Peter Flaming berjudul “The Dark Academia; How UNIVERSITIES Die”.

Dalam buku tersebut, kata Uhaib, Peter Flaming mengungkap fenomena neoliberalisasi perguruan tinggi dengan gejala korporatisasi.

Masih dalam buku, pasar di era neo-classical economy tidak berhasil mengangkat peradaban. Hanya berpihak kepada segolongan kecil saja yang diuntungkan

“Walaupun penelitian Flaming ini di negara-negara barat, tapi fenomena ini juga terjadi di perguruan tinggi Indonesia,” kata Uhaib.

Uhaib juga menilai perguruan tinggi sekarang sudah kehilangan eksistensi dan relevansi. Selain itu, dia menyebut perguruan tinggi di Indonesia sebagai pasar gelap akademik.

“Yang mana perguruan tinggi sudah kehilangan marwah, martabat dan kewibawaannya,” ujarnya.

Dengan fakta-fakta yang ada, Doktor Jebolan Universitas Brawijaya Malang ini berani memplesetkan Honoris Causa menjadi kalimat Humoris Causa.

“Seperti pemberian gelar lucu-lucuan,” tuntasnya.

Supian HK Pasang Badan

Paman Birin Doktor Kehormatan, Mahasiswa Bergerak ‘Kuningkan’ ULM

Ketua DPRD Kalsel Supian HK ikut buka suara terkait penganugerahan gelar doktor kehormatan untuk Paman Birin.

Tapi bukan kritik, sesama kader Partai Golkar, Supian HK menilai tak salah jika Paman Birin mendapat gelar Dr HC dari ULM.

Menurutnya, gubernur Kalsel itu banyak memberikan sumbangsih di dunia pendidikan. Dia mengetahui betul upaya Paman Birin dalam mendorong dunia pendidikan.

Tak sedikit, kata dia, uang hibah pemerintah difokuskan untuk memajukan pendidikan ULM atau pun Uniska.

“Di mana perguruan tinggi itu, seperti ULM, Uniska dan lainnya terserap dana bantuan dari Pemprov yang disetujui oleh DPRD,” kata Supian ditemui di Sekretariat DPRD Kalsel, Rabu (27/10) siang.

Selain itu, dia menilai sang gubernur banyak berjasa di bidang pertanian dan pendidikan banua. Hal itu pun tergambar dalam visi misi nya yang ingin mencerdaskan anak banua.

Jika ada yang tak sependapat dengan restu para guru besar ULM menurutnya itu hal biasa. Yang jelas ujarnya apa yang diberikan merupakan bentuk ketulusan.

Dia dan sang gubernur punya pandangan yang sama. Tak mengharap banyak orang yang mengenal, tapi yang penting banyak orang bahagia karena usahanya.

Secara kelembagaan, politikus Golkar itupun mengapresiasi pemberian gelar Dr HC untuk sang gubernur.

Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Dilengkapi oleh Rizal Khalqi

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Basit

Kalsel

Heboh Moge-Basit, Anggota DPR RI: Menteri Basuki Sepakat Jembatan Alalak Segera Dibuka!
Masjid

Kalsel

Pandemi dan Lesunya Kehidupan Masyarakat di Sekitar Masjid Pusaka Banua Lawas Tabalong
apahabar.com

Hiburan

Pesona Wisata Pagat HST, Keindahan Alam dan Kisruh Sengketa Lahan
apahabar.com

Kalsel

Sampah Membeludak, TPS 3R di Teluk Kelayan Jadi Solusi
apahabar.com

Kalsel

POTRET Epik Demo Omnibus Law Jilid II di Banjarmasin

Kalsel

Panik Diburu Polisi, Dua Pengedar Kiloan Sabu di Banjarmasin Nekat Terobos Jalan Satu Arah
apahabar.com

Kalsel

Hari Tani Nasional, Panen Sayur Serentak di Pekarangan Pangan Lestari Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina dan MUI Menolak Tegas Rencana Pelegalan Miras di Supermarket
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com