Tepat di Hari Menanam Pohon Indonesia, HST Dilanda Musibah Banjir Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Banjir Meluas ke Pusat Kota HST, Diprediksi Puncak Air Naik Tengah Malam Pascabanjir Palangka Raya, Warga Tumbang Tahai Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak Banjir Kiriman Tiba di Kandangan, Bhalink-bhalink Rescue Bantu Evakuasi Warga

Calo Penumpang Tipu 8 Korban, Bisa Naik Kapal Tanpa Vaksin dan Antigen

- Apahabar.com     Jumat, 29 Oktober 2021 - 18:08 WITA

Calo Penumpang Tipu 8 Korban, Bisa Naik Kapal Tanpa Vaksin dan Antigen

DW diamankan Reskrim Polsek Semayang lantaran melakukan aksi penipuan terhadap calon penumpang kapal. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Seorang pemuda berinisial DW (18) terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib.

Hal ini dikarenakan ia berhasil memperdayai 8 orang calon penumpang kapal di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kaltim, baru-baru ini.

Diketahui DW merupakan warga Jalan Karya Mukti, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, menipu korbannya dengan cara mengatakan dapat membantu korban berangkat ke Pulau Jawa menggunakan kapal dari Pelabuhan Semayang Balikpapan, tanpa harus vaksin dan tes antigen. Dengan membayar Rp 1 juta per orang.

Tertarik dengan tawaran pelaku, para korban pun sepakat menuruti permintaan pelaku lantaran 8 korban ini belum divaksin dan tes antigen. Para korban pun menyerahkan uang separuh dari total kesepakatan awal.

“Saat bertemu itu korban menyerahkan masing-masing Rp 500 ribu, totalnya Rp 4 juta,” ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang, AKP Abu Sangit, pada Jumat (28/10).

Para korban pun dinaikkan ke dalam mobil boks yang akan naik ke kapal Dharma Fery. Namun saat berada di pintu masuk, petugas yang melakukan pemeriksaan mendapati keberadaan para korban.

Delapan orang korban ini pun diminta turun dari dalam mobil boks. Kepada para korban pelaku mengatakan akan memberangkatkan korban pada kapal di hari berikutnya.

“Pelaku mengatakan kepada para korban akan bersedia menanggung makan dan tempat istirahat mereka. Namun, hal tersebut tidak dipenuhi oleh pelaku,” katanya.

Namun saat dihubungi, pelaku tidak merespon, alhasil para korban luntang-lantung di Pelabuhan Semayang yang akhirnya mendatangi Polsek Balikpapan Semayang untuk melaporkan kasus penipuan yang menimpanya.

“Setelah kami menerima laporan kasus penipuan, anggota Reskrim langsung melakukan penyelidikan dan meminta keterangan saksi-saksi,” tuturnya.

Setelah petugas melakukan penyelidikan, baru pada Senin (25/10) pelaku berhasil diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

Setelah melakukan penyelidikan, pada Senin (25/10) pelaku berhasil diamankan oleh anggota Unit Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

“Saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan oleh anggota kami,” sebutnya.

Dari hasil pemeriksaan, DW mengaku telah menggunakan uang para korbannya unuk keperluan sehari-hari. Dari tangan DW, polisi menyita uang korban yang tersisa di tangan pelaku sejumlah Rp 950 ribu.

Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Para atlet Balikpapan nampak menunggu antrian vaksinasi di Gedung BSCC Dome. Apahabar.com/Riyadi

Kaltim

Vaksinasi Atlet di Balikpapan Kurang Antusias
RSKD Balikpapan mengeluarkan permohoan maaf karena tidak lagi menampung pasien baru. Foto-Istimewa

Kaltim

Kasus Makin Tinggi, RSKD Balikpapan Tak Mampu Tampung Pasien Baru
apahabar.com

Kaltim

Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS

Kaltim

Perahu Terbalik di Sungai Kandilo, Satu Orang Tenggelam
Pertamina

Kaltim

Dampak Larangan Mudik, Pertamina Kalimantan: Konsumsi Avtur Menurun
Limbah Hazmat

Kaltim

LSM Lingdaka Sayangkan Penemuan Limbah Hazmat di Pesisir Pantai Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Siap Gelontorkan Puluhan Miliar untuk Beasiswa Tahun Ini
Klinik Juanson

Kaltim

Disomasi Lantaran Hasil PCR Beda, Klinik Juanson Balikpapan Buka Suara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com