Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Cara Cek Sinyal Siaran TV Digital di Daerah Anda

- Apahabar.com     Jumat, 15 Oktober 2021 - 08:00 WITA

Cara Cek Sinyal Siaran TV Digital di Daerah Anda

Cara Cek Jangkauan Sinyal Siaran TV Digital-Foto-Getty Images/Yuichi Yamazaki

apahabar.com, JAKARTA – Migrasi TV analog ke digital baru dilakukan pada 30 April 2022. Namun saat ini masyarakat sudah bisa menjajal keunggulan dari siaran TV digital. Ini caranya mengetahui jangkauan siaran TV digital di daerah kamu.

Hal ini dikarenakan adanya siaran simulcast oleh penyelenggara multipleksing. Simulcast adalah proses siaran yang menjalankan siaran TV digital dan siaran TV analog secara bersamaan.

Dengan adanya simulcast, masyarakat bisa mengetahui dan merasakan langsung pengalaman menonton siaran TV digital yang menjanjikan kualitas gambar bersih, suara jernih, dan fitur-fitur untuk kebencanaan, serta ramah keluarga.

Cara Cek Wilayah yang ada Sinyal TV Digital:

Cek Perangkat Televisi

Untuk menikmati siaran TV digital, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi kalian bukan TV analog yang bentuknya masih TV tabung. Selain itu, ciri lainnya TV digital ini sudah didukung DVB-T2.

Sebenarnya, TV analog bisa menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat bernama Set Top Box. Bagi keluarga miskin, nanti pemerintah akan membagikannya secara gratis.

2. Cek Situs Kominfo

Tahap selanjutnya, kalian bisa mengecek wilayah yang ada siaran TV digital lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

3. Aplikasi SinyalTVDigital

Cara berikutnya menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini tak hanya membantu mengetahui apakah lokasi kalian sudah ada siaran TV digital, tetapi juga mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2. Caranya:

Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
-Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
-Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
-Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
-Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih

Lansir dari Detikcom, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulanya melakukan suntik mati TV analog dan beralih ke siaran TV digital pada 17 Agustus 2021. Namun hal itu urung dilakukan karena pandemi Covid-19 hingga kurangnya kesiapan untuk migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).

Kominfo telah menetapkan migrasi ke siaran TV digital dimulai 30 April 2022 dan berakhir sepenuhnya pada 2 November 2022.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Google

Gaya

Google Uji Coba Fitur YouTube Bagikan Unduhan ke Lintas Perangkat
apahabar.com

Gaya

Pintu Kulkas Ternyata Bukan Tempat Terbaik Menyimpan Telur, Ini Alasannya
apahabar.com

Gaya

Bahaya, Main Gadget Gelap-gelapan
apahabar.com

Gaya

Dion Wiyoko Berbagi Tips Memotret Model Saat Matahari Terbenam
apahabar.com

Gaya

Dorong UMKM di Tengah Pandemi, Instagram Luncurkan Fitur Shopping
apahabar.com

Gaya

Aturan 20:20 untuk Kesehatan Mata Anak Saat Belajar via Ponsel
Hary Tanoe

Gaya

Kisah Hary Tanoe Remaja: Pimpin Tawuran hingga Dikeluarkan dari Sekolah!
apahabar.com

Gaya

Punya Desain Stylish, Ini Keunggulan Vivo V20
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com