Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Petir Berpotensi Melanda Hampir Seluruh Wilayah! Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas

Catat, Ada Bantuan PSU Rp 10,4 M untuk Ribuan Rumah Subsidi di Kalsel

- Apahabar.com     Sabtu, 23 Oktober 2021 - 11:00 WITA

Catat, Ada Bantuan PSU Rp 10,4 M untuk Ribuan Rumah Subsidi di Kalsel

Ilustrasi perumahan. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mendorong pembangunan rumah subsidi di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Salah satunya melalui stimulan berupa bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) dengan total anggaran Rp 10,4 miliar untuk 1.607 unit rumah bersubsidi 2021 di Kalsel.

“Pemerintah akan terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi di seluruh Indonesia. Untuk itu, pemerintah memberikan stimulan berupa PSU bagi para pengembang perumahan yang membangun rumah bersubsidi,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid seperti dilansir Antara, Sabtu (23/10).

Ia mengemukakan bahwa bantuan PSU dengan total anggaran Rp10,4 miliar untuk rumah bersubsidi di Kalsel itu tersebar di 19 lokasi perumahan pada enam Kabupaten/Kota di Kalsel.

Khalawi menerangkan, pembangunan PSU merupakan satu upaya pemerintah dalam mewujudkan rumah layak huni dan terjangkau khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sekaligus mendorong capaian Program Sejuta Rumah.

Pembangunan PSU yang dilaksanakan berupa peningkatan kualitas jalan lingkungan perumahan bersubsidi, sehingga masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan dan mewujudkan lingkungan hidup yang nyaman.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II, Hujurat mengharapkan pemerintah daerah bisa mendorong para pengembang untuk lebih proaktif mengusulkan bantuan PSU melalui aplikasi SIBARU (Sistem Informasi Bantuan Perumahan).

SIBARU merupakan aplikasi yang digunakan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR untuk mempermudah Pemerintah Daerah dalam mengusulkan bantuan perumahan bagi masyarakatnya yang salah satunya untuk pengajuan bantuan PSU.

Dengan demikian, lanjutnya, ke depan akan lebih banyak pengembang yang membangun rumah bersubsidi dengan memiliki kualitas lingkungan yang baik.

Salah satu perumahan yang mendapatkan bantuan PSU di Kota Banjarmasin adalah Perumahan Batola Residence II. Perumahan tersebut mendapatkan PSU senilai Rp958 juta berupa jalan lingkungan sepanjang 715 meter.

Salah satu warga yang tinggal di Perumahan Batola Residence II, Yulinda mengaku bahagia bisa melihat dan merasakan hasil pembangunan PSU dari Kementerian PUPR.

Namun, ujar dia, masih banyak jalan lingkungan di wilayahnya yang belum tertangani pascabanjir yang menerjang Kalimantan Selatan pada awal tahun lalu.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tips Aman Naik Motor

Kalsel

Berkaca Tewasnya Bumil di Tanah Laut, Simak Tips Aman Naik Motor di Jalan Raya
PDAM Bandarmasih

Kalsel

Siang Ini PDAM Bandarmasih Setop Distribusi Air Bersih, Cek Wilayah Terdampak
apahabar.com

Kalsel

Rumah Singgah Banjarmasin Sudah Tangani 3 Pencandu Lem Fox

Kalsel

Memiliki Pelumas Terbaik, Repsol Siap Merambah Dunia Industrial di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Mulai ‘Blusukan’ di Kotabaru, Sudian Noor Bikin Ujang Terharu
apahabar.com

Kalsel

Sang Putra Nikah di Yogyakarta, Sukamta Hanya Saksikan Lewat Layar Kaca
apahabar.com

Ekbis

Tak Ramah Lingkungan, Ini Alasan Pertamina Berencana Hapus BBM Premium
apahabar.com

Kalsel

Badan Restorasi Gambut Targetkan 2 Juta Hektar Lahan di Kalimantan Dipulihkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com