IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Dear Orang Super Kaya, RUU HPP Tetapkan Tarif Pajak 35 Persen untuk yang Berpenghasilan Rp 5 M

- Apahabar.com     Sabtu, 2 Oktober 2021 - 14:15 WITA

Dear Orang Super Kaya, RUU HPP Tetapkan Tarif Pajak 35 Persen untuk yang Berpenghasilan Rp 5 M

Ilustrasi pelayanan pajak. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Rancangan Undang-Undang (RUU) Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) menyebutkan tarif Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) berpenghasilan Rp 5 miliar ke atas sebesar 35 persen.

“Besarnya lapisan Penghasilan Kena Pajak (PKP) sebagaimana dimaksud dapat diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan,” tulis Draf RUU HPP seperti dilansir Antara, Sabtu (2/10).

Dengan adanya penerapan tarif pajak untuk WP OP berpenghasilan Rp 5 miliar ke atas, lapisan PKP bertambah menjadi lima lapisan.

Kelima lapisan tersebut meliputi pengenaan tarif lima persen kepada WP OP berpenghasilan sampai dengan Rp 60 juta, serta 15 persen kepada WP OP berpenghasilan di atas Rp 60 juta sampai dengan Rp 250 juta.

Lalu WP OP dengan pendapatan di atas Rp 250 juta sampai Rp 500 juta dikenakan tarif pajak 25 persen dan di atas Rp 500 juta hingga Rp 5 miliar diterapkan pajak sebesar 30 persen.

Selain itu, beleid tersebut juga mencatat WP badan dalam negeri dan bentuk usaha tetap akan dikenakan tarif pajak sebesar 22 persen yang mulai berlaku pada Tahun Pajak 2022.

Sementara untuk WP badan dalam negeri yang berbentuk perseroan terbuka, memiliki jumlah keseluruhan saham yang disetor diperdagangkan pada bursa efek di Indonesia
paling sedikit 40 persen, dan memenuhi persyaratan tertentu, dapat memperoleh tarif sebesar tiga persen lebih rendah dari tarif 22 persen.

Di sisi lain diatur pula tarif yang dikenakan atas penghasilan berupa dividen yang dibagikan kepada WP orang pribadi dalam negeri adalah paling tinggi sebesar 10 persen dan bersifat final.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ini Dia Sejarah Nyepi
apahabar.com

Nasional

Ini Daftar Gubernur, Wali Kota dan Bupati Tolak Omnibus Law
apahabar.com

Nasional

Tokoh Pers Banten Dapat Dukungan Nyalon Wali Kota Cilegon
apahabar.com

Nasional

Tambah 18 SPBU, Pertamina Optimalkan Layanan BBM di Tol
BLT Desa

Nasional

Pemerintah: Realisasi BLT Desa Sekaligus Rp 900 Ribu Capai 55,75%
apahabar.com

Nasional

KPU: 7.106 Pemilih Difabel Di Kalimantan Selatan
apahabar.com

Nasional

Perluas Penyaluran KUR UMKM, Pemerintah Gandeng Empat Platform Digital
Habib

Nasional

Buntut Kasus Swab Test, Habib Rizieq dan Dirut RS UMMI Jadi Tersangka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com