Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Resmi, Pengurus MUI Kotabaru Dikukuhkan Lagi! Pipa PDAM Bandarmasih Bocor, Off 6 Jam, Sejumlah Wilayah Terdampak Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh

Dewan Apresiasi Penghargaan APE Kategori Pratama yang Diraih Pemkab Tanah Bumbu

- Apahabar.com     Sabtu, 16 Oktober 2021 - 10:51 WITA

Dewan Apresiasi Penghargaan APE Kategori Pratama yang Diraih Pemkab Tanah Bumbu

Wakil Ketua II DPRD Tanah Bumbu, Agoes Rakhmady, saat menghadiri penganugerahan Penghargaan APE melalui virtual. Foto-Humas DPRD Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu mengapresiasi atas penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Pratama yang diraih Pemkab Tanah Bumbu.

Penghargaan tersebut adalah dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Kita bangga karena ini adalah salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah,” ungkap Wakil Ketua II DPRD Tanah Bumbu, Agoes Rakhmady, Sabtu (16/10).

Agoes mengatakan penghargaan ini juga karena komitmen Pemkab Tanah Bumbu untuk melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai amanat Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

“Ini semua merupakan bentuk keberhasilan Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” terangnya.

Sehingga pada pelaksanaannya, kata Agoes, Kabupaten Tanah Bumbu mengangkat critical issue dalam program PUG, di antaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender.

Serta mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Apresiasi patut kita sampaikan, semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan penghargaan ini harus dipertahankan dan kita semua harus menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Reses

DPRD Kab Tanah Bumbu

Momen Reses, Ketua Komisi III DPRD Tanbu Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem

DPRD Kab Tanah Bumbu

Fraksi Gerindra Sampaikan Pemandangan Umum tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Sampaikan 4 Raperda Inisiatif
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Respons DPRD Tanbu Terhadap Pendapat Bupati Terkait Empat Raperda Inisiatif
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Bahas Mekanisme Izin Mendirikan Bangunan, DPRD Gelar Rapat Gabungan
Investasi Bodong

DPRD Kab Tanah Bumbu

Apresiasi Polres Tanbu Ungkap Kasus Investasi Bodong, Said Ismail: Pelajaran Berharga

DPRD Kab Tanah Bumbu

Studi Komparatif Limbah Domestik, Dewan Tanbu Terima Kunjungan Ketua DPRD Gorontalo Utara
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna LKPJ Melalui Vicon
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com