Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Di 2020, Penanganan Corona di Seluruh Dunia Habiskan Rp169 Ribu Triliun

- Apahabar.com     Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:22 WITA

Di 2020, Penanganan Corona di Seluruh Dunia Habiskan Rp169 Ribu Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Penanganan corona di 2020 telah menghabiskan dana mencapai US$12 triliun atau setara Rp169.647 triliun (kurs Rp14.137 per dolar AS). Keterangan tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara The 13th International Conference on Islamic Economics and Finance (ICIEF), Selasa (26/10).

Anggaran digelontorkan sebagai stimulus fiskal dalam rangka menangani dampak pandemi covid-19 pada 2020.

“Stimulus fiskal global di 2020 diperkirakan dari semua negara di dunia mencapai US$12 triliun,” ungkap Sri Mulyani, dilansir CNNIndonesia.com.

Bahkan, nilai ini diperkirakan masih terus bertambah seiring dengan covid-19 yang masih mewabah di berbagai negara sampai tahun ini. Belum lagi, pemerintah-pemerintah di banyak negara masih terus memberikan stimulus fiskal dalam rangka memulihkan ekonomi.

“Jadi pandemi menimbulkan biaya yang sangat besar bagi semua negara di dunia,” imbuhnya.

Di Indonesia sendiri, pemerintah menganggarkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 mencapai Rp744,77 triliun. Saat ini, dana tersebut telah terpakai Rp433,91 triliun atau 58,3 persen dari pagu sampai 22 Oktober 2021.

Dana ini, sambungnya, digunakan untuk menangani dampak pandemi sekaligus memulihkan ekonomi. Salah satunya untuk program vaksinasi di mana pemerintah menargetkan bisa mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) dengan menyuntikkan vaksin ke 70 persen populasi Indonesia pada akhir tahun.

“Indonesia masih harus berjuang untuk mengejar vaksinasi mencapai 70 persen herd immunity sebelum akhir tahun. Artinya kita harus memvaksinasi sekitar 2,5 juta orang per hari, ini adalah angka yang sangat besar,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Stok AS Meningkat, Harga Minyak Merosot
Menteng

Global

Heboh Ledakan di Kantor KAMI Menteng
Ilustrasi. Foto-Net

Global

Setelah 20 Bulan, AS Kembali Buka Pintu untuk Warga Asing
apahabar.com

Global

Pembicaraan Perdamaian Suriah Dimulai di Astana
India

Global

Kematian di India Akibat Corona Tembus 400 Ribu

Global

Serangan Israel Sudah Menewaskan 34 Anak di Palestina
Kiamat

Global

Badai Matahari, Ancaman Kiamat?
apahabar.com

Global

Erdogan Hadiri Peringatan Wafatnya Maulana Jalaluddin Rumi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com