Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa 2 Saksi Siang Ini Sempat Mengkhawatirkan, Kalsel Kembali Nol Kasus Covid-19 Harian

Dinas PUPR Kalsel Fokus Tingkatkan Status Geopark Meratus

- Apahabar.com     Senin, 4 Oktober 2021 - 02:01 WITA

Dinas PUPR Kalsel Fokus Tingkatkan Status Geopark Meratus

Pegunungan Meratus merupakan sebuah pegunungan dengan gugusan kerak samudra tertua yang ada di Indonesia dan bahkan dunia. Foto: Ist

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel kian getol menjadikan Pegunungan Meratus sebagai geopark atau wisata ekologi internasional.

Terbaru, Dinas PUPR Kalsel melakukan penyusunan dokumen penataan kawasan geopark di Kalsel.

“Maka dengan ini kami bekerja sama dengan Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia dalam menyusun dokumen kajian yang holistik sebagai bagian dari penyusunan dokumen tersebut, akan diselenggarakan ekspose laporan penyusunan dokumen,” ujar Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Rapat yang berlangsung pada Senin, 11 Oktober 2021 di Aula Ruang Rapat Dinas PUPR Kalsel.

Sebelum ini, workshop dan webiner nasional pengembangan ecotourism berbasis konservasi alam Meratus Geopark juga digelar di Amanah Borneo Park, salah satu ekowisata di Banjarbaru, Senin (4/10).

Fokusnya adalah peningkatan status Geopark Meratus menjadi Geopark global yang diakui UNESCO.

Roy yang juga Sekda Provinsi Kalsel ini bilang Pemprov Kalsel telah melakukan berbagai persiapan agar Geopark Meratus yang saat ini berstatus geopark nasional bisa naik tingkat menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

Pada 2018 lalu Pemprov Kalsel telah melakukan survei terkait Geopark Meratus. Kemudian pada 2019 Geopark Meratus resmi diakui sebagai Geopark nasional.

Geopark Meratus terdiri dari tiga puluh enam geosite. Saat beberapa SKPD Pemprov Kalsel seperti Bappeda, Dinas Pariwisata, Dinas Kehutanan, Dinas ESDM, Kominfo, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, dan Dinas Perhubungan difokuskan untuk melakukan pengembangan.

Geopark Meratus mempunyai keunikan tersendiri berbeda dengan Geopark lainnya di Indonesia. Geopark Meratus bukan hanya menjual keindahan alam, namun juga mempunyai cerita sejarah yang menarik.

“Pegunungan Meratus merupakan sebuah pegunungan ofiolit tertua di dunia, dan tentunya memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang panjang,” jelasnya.

Dari 36 geosite yang ada, Pemprov Kalsel akan mengusulkan beberapa di antaranya seperti Tahura, Pendulangan Intan Pumpung, Tanjung Dewa, Batu Besar Tanah Bumbu, dan Pantai Sekoyang Pulau Semisir Kabupaten Kotabaru agar bisa naik tingkat menjadi UGG.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Pembangunan Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Ditarget Rampung 2021
Kalsel

Dinas PUPR Kalsel

PUPR Respons Curhat Pembayar Pajak Terbesar Kedua Kalsel
Penataan Sekumpul

Dinas PUPR Kalsel

Tinjau Penataan Sekumpul, Dirjen Cipta Karya Ngomel-Ngomel!
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Kalsel Perjuangkan Izin Pinjam Pakai untuk Jalan Bebas Hambatan
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Bangun Infrastruktur, Dinas PUPR Kalsel Pertimbangkan Gunakan Aspal Buton
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

2021, Dinas PUPR Kalsel: Jalan Bebas Hambatan Banjarbaru-Batulicin Siap Pakai
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Sudah Tegur Kontraktor Taman Nol Kilometer
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Bendungan Tapin Rampung, BWS Kalimantan II: Wajib Uji Kelayakan Sebelum Perendaman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com