Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Dubes RI Sebut Pemberian Nama Jalan di Jakarta Praktik Diplomasi dengan Turki

- Apahabar.com     Senin, 18 Oktober 2021 - 20:24 WITA

Dubes RI Sebut Pemberian Nama Jalan di Jakarta Praktik Diplomasi dengan Turki

Nama jalan di depan Kedubes Turki di Jakarta akan diubah dengan tokoh asal negara sahabat tersebut. Foto: Net

apahabar.com, JAKARTA – Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, menjelaskan bahwa penamaan jalan di Jakarta dengan nama Bapak Bangsa Turki merupakan praktik tata karma diplomatik.

Penamaan dengan nama tersebut, sebab di mana Pemerintah Turki sebelumnya telah memenuhi permintaan Indonesia terkait nama jalan di Ankara.

“Sebagai simbol kedekatan kedua bangsa yang sudah dimulai sejak abad ke-15, pemerintah Turki setuju memenuhi permintaan Indonesia untuk memberikan nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama Bapak Proklamasi kita, Ahmet Sukarno, nama yang dikenal di Turki,” kata Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (18/10) dilansir Antara.

Menurut dia, sesuai tata karma diplomatik, Indonesia pun akan memberikan nama jalan di Jakarta dengan nama jalan Bapak Bangsa Turki.

Dia pun menekankan bahwa pemerintah Turki akan menentukan nama jalan tersebut nantinya, bukan dari pemerintah Indonesia maupun dari pemerintah daerah DKI Jakarta.

“Kita masih menunggu usulan resmi nama jalan tersebut. Apapun itu nanti, pasti itu mewakili harapan pemimpin dan rakyat Turki,” kata Iqbal.

Sebelumnya, dalam pengarahan pers yang digelar pada Jumat (15/10), Iqbal mengatakan bahwa pemerintah Turki telah menyetujui penamaan jalan di depan KBRI Ankara tersebut.

Di bawah kerja sama kedua negara, Indonesia pun akan mengalokasikan jalan di Jakarta untuk dinamakan dengan nama dari Pemerintah Turki.

“Pemda DKI Jakarta telah menyampaikan komitmen tertulis bahwa Pemda DKI juga akan mengalokasikan jalan yang proper di DKI, di wilayah DKI untuk dinamakan dengan nama pendiri bangsa Turki, yang namanya sedang kita tunggu dari pemerintah Turki,” kata Iqbal.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Bank Sentral Eropa Perkenalkan Mata Uang Digital ke 19 Negara
Harga Minyak

Ekbis

Persediaan AS Turun, Harga Minyak Naik

Internasional

Jerman Dihajar Corona, Ini Pesan Kanselir ke Warga Tak Divaksin
Uni Eropa

Internasional

Pertama di Uni Eropa, Hongaria Resmi Beli Vaksin Sputnik V Rusia
international womens day

Internasional

International Women’s Day, Krisdayanti Titipkan Pesan Ini
apahabar.com

Internasional

Puluhan Ribu Muslim di Pakistan, Bangladesh dan Palestina Protes Pernyataan Presiden Prancis
Palestina

Internasional

Puluhan Warga Palestina Terluka dalam Bentrokan di Yerusalem
apahabar.com

Internasional

Pfizer-BioNTech Mulai Studi Tahap Akhir Kandidat Vaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com