Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Expo 2020 Dubai, Indonesia Pamerkan Batik Biota Laut

- Apahabar.com     Sabtu, 23 Oktober 2021 - 19:14 WITA

Expo 2020 Dubai, Indonesia Pamerkan Batik Biota Laut

Batik bermotif biota laut yang dipamerkan di Paviliun Indonesia, Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab. Foto-antara

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia menceritakan kekayaan biota laut yang dimilikinya melalui motif batik.

Motif batik biota laut Indonesia tersebut dipamerkan di Paviliun Indonesia pada gelaran Expo 2020 Dubai.

“Kehadiran kami di Expo 2020 Dubai merupakan momentum yang luar biasa dan melalui demo batik biota laut, kami juga ingin mengajak dunia untuk mencintai laut dan membangun kehidupan yang berkelanjutan untuk masa depan generasi-generasi mendatang,” kata pelaksana tugas Kepala Divisi Lembaga Kemasyarakatan & Civil Society, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Sulthan Muhammad Yusa, dalam keterangan pers, seperti dilansi Antara, Sabtu (23/10).

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Ia menjadi wadah untuk bercerita, yang dituangkan melalui setiap simbol, warna dan canting.

“Motif pada batik dulunya merupakan sebuah simbol yang digunakan oleh para pengrajin sebagai bentuk rasa syukur kepada alam dan manusia. Kami membawa batik dengan motif biota laut yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat Indonesia atas anugerah kekayaan alam bawah laut yang kita miliki,” kata salah seorang pengrajin batik yang hadir di Paviliun Indonesia, Siti Zunaiyah Budiarty, dalam siaran yang sama.

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang 70 persen wilayahnya adalah lautan, memiliki keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Setidaknya ada lebih dari 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan 950 spesies biota terumbu karang yang bisa ditemukan di laut Indonesia.

“Jika dilihat, warna biru pada motif batik ini menggambarkan lautan, sedangkan simbol ikan, terumbu karang, dan rumput laut menggambarkan kekayaan biota laut Indonesia,” kata Siti.

Batik biota laut yang dipamerkan di Expo 2020 Dubai dibuat menggunakan inovasi bio wax parafin, pengganti lilin parafin berbasis minyak bumi mentah untuk melukis motif batik.

Bio wax parafin terbuat dari minyak sawit, mampu memberikan warna yang lebih tajam dan cerah pada kami. Warna yang bisa dihasilkan antara lain merah, biru mudan, cokelat tua dan cokelat muda.

Produk ini lebih ramah lingkungan karena minyak sawit sudah teruji dapat menghasilkan produk ramah lingkungan dan terbarukan. Selain itu, limbah yang dihasilkan dari bio wax parafin bisa terurai kembali ke alam.

Selain bi wax parafin, BPDPKS juga memamerkan serangkaian produk berbasis kelapa sawit termasuk lilin aromaterapi, dan pembersih tangan (hand sanitizer) sawit.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Gaya

Atak Diang Batola 2020, Marabahan Dominasi Finalis
apahabar.com

Gaya

Harga Gak Naik, Ada 12 Tipe Avanza Facelift yang Bisa Dipilih!
apahabar.com

Gaya

November, 4 Zodiak yang Beruntung: Cancer hingga Sagitarius
Bulan Biru

Gaya

Jangan Lewatkan, Fenomena Langka Bulan Biru Malam Ini
apahabar.com

Gaya

Imbas Wabah Covid-19, Kafe di Tapin Terancam Gulung Tikar

Gaya

3 Kandungan Suplemen Termasuk Herbal yang Berbahaya untuk Ginjal
apahabar.com

Gaya

Gaji Cuma Rp4 Juta, Apa Penting Beli Sepeda?
apahabar.com

Gaya

Tips Memelihara Kucing Kampung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com