Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya Korupsi Eks Bupati HST: KPK Periksa Pejabat Bank Kalsel

Gandeng STC Gelar UKW ke XIII, PWI Kalsel Cetak 31 Wartawan Kompeten

- Apahabar.com     Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:00 WITA

Gandeng STC Gelar UKW ke XIII, PWI Kalsel Cetak 31 Wartawan Kompeten

Gandeng STC gelar UKW ke XIII, PWI Kalsel cetak 31 wartawan kompeten. Foto-apahabar.com/Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan wartawan dari berbagai media berhasil menjalani Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Kalsel, 14-15 Oktober tadi.

Dari 36 wartawan, namun 31 jurnalis termasuk dua di antaranya dari apahabar.com yang berhasil melahap sejumlah mata uji hingga dinilai kompeten. Masing-masing Zainal Mutaqien untuk jejang utama, dan Rizal Khalqi jejang muda.

Melalui UKW ini, PWI sendiri berkomitmen untuk mendorong peningkatan kompetensi wartawan. Hingga saat ini PWI Kalsel telah menggelar UKW angkatan XIII.

Sementara secara nasional PWI Pusat telah melaksanakannya UKW sebanyak 505 kali. Totalnya 14.449 wartawan dinilai kompeten.

Digelarnya UKW Angkatan XIII tak lepas dari dukungan PT Sebuku Tanjung Coal Grup, yang ikut berkontribusi dalam mendorong peningkatan kompetensi wartawan di Kalimantan Selatan.

Ketua PWI Kalimantan Selatan Zainal Helmie menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas dukungan PT STC grup yang ikut berperan dalam mendorong peningkatan kompetensi wartawan.

“Ini adalah bukti sinergi dunia usaha dalam hal ini PT STC Grup dengan PWI Kalsel, untuk mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas masyarakat pers, khususnya para jurnalis di Banua. Saya berharap perusahaan besar di Kalsel yang lain juga ikut berkontribusi terhadap masyarakat pers di Kalsel, khususnya dalam mendorong peningkatan kompetensi wartawan,” katanya usai penutupan UKW yang dilaksanakan di Gedung PWI Kalsel Jalan Pengeran Hidayatullah Banjarmasin, Sabtu (16/10).

Ditambahkan Zainal Helmie, UKW menjadi salah satu syarat bagi insan pers untuk menjalankan tugas jurnalistik.

Melalui UKW maka kapasitas dan kompetensi seorang wartawan akan diuji, apakah layak dan berkompeten menjalankan tugas jurnalistik 6M yang profesional dan bermartabat.

“Bagi pimpinan media akan diuji pada jenjang utama, bagi redaktur diuji jenjang madya dan bagi wartawan diuji pada jenjang muda. Uji UKW ini memiliki standar penilaian yang ketat dengan penguji yang telah mendapat sertifikasi penguji nasional. Jadi, bagi yang lulus, maka bisa dikatakan telah berkompeten,” jelas Zainal Helmie.

Sementara Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Kalsel Toto Fachrudin mengatakan, wartawan yang berkompeten bisa menjadi filter untuk mencegah dan membendung informasi hoax yang begitu masif. Ketika dinyatakan berkompeten, maka wartawan akan terikat untuk menjalankan prinsip jurnalime yang jujur, adil, berimbang, serta bermartabat.

“Wartawan berkompeten akan selalu memegang teguh prinsip jurnalisme yang berimbang dengan mengedepankan kepentingan publik. Kode Etik dan UU Pers akan selalu menjadi pegangan dalam menjalankan tugas jurnalistik, termasuk bagi redaktur dan pimpinan media,” katanya.

Sementara itu, manajemen Head Office PT Sebuku Tanjung Coal Grup, David Sebastian mengatakan bahwa pihaknya ingin berkontribusi secara nyata terhadap masyarakat pers di Kalsel.

“Bagi kami pelaku dunia usaha, pers adalah mitra dan stakeholder yang strategis. Kami berharap dengan hadirnya wartawan yang berkompeten, maka dunia usaha juga merasakan manfaatnya dengan berita-berita yang berimbang dan menciptakan iklim usaha yang kondusif,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan komitmen PT STC akan terus bersinergi bersama PWI untuk mendorong peningkatan kompetensi wartawan. Harapannya agar pemberitaan yang dibuat wartawan berkompeten bisa memberikan kontrol yang berlandaskan fakta dan data akurat, serta memegang teguh kode etik dengan mengedepankan prinsip keadilan dan berimbang.

“Saya ucapkan selamat untuk teman-teman wartawan yang lulus UKW dan dinyatakan berkompeten. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PWI Kalsel yang bersinergi bersama kami. Semoga sinergi ini bisa memberikan manfaat dan kontribusi terhadap Kalimantan Selatan melalui pemberitaaan wartawan yang kondusif dan berimbang,” ujar David Sebastian.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Ibnu Sina Siap Patahkan Mitos Dua Periode Jabat Wali Kota
apahabar.com

Kalsel

Kantor Imigrasi Perketat Pengawasan, TKI Ilegal Bisa Diancam Penjara serta Denda Rp1 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Warga ‘Serbu’ Pangkalan LPG, Jatah 500 Tabung ‘Melon’ Ludes Sekejap
Trailer

Kalsel

Susul Anak, Ibu Terseret Trailer di Martapura Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Jalur Alternatif di Sungai Lulut
pohon

Kalsel

Tanam 200 Bibit Pohon, DLH Tapin Gandeng Komunitas Peduli Lingkungan
apahabar.com

Kalsel

Jelang Iduladha, Petugas Gabungan Sidak Pasar Tanjung
apahabar.com

Kalsel

Diduga untuk Chinese, Pembangunan Makam Ditolak Warga, Musyawarah Berujung Buntu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com