Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Genjot Pajak, Hotel hingga Resto di Kapuas Diawasi Tapping Box

- Apahabar.com     Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:54 WITA

Genjot Pajak, Hotel hingga Resto di Kapuas Diawasi Tapping Box

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kapuas, Andres Nuah menyerahkan perangkat perekam data dan transaksi objek pajak kepada pelaku usaha. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Menggenjot penerimaan pajak, Pemkab Kapuas getol memasang alat pencatat data pajak atau tapping box. Sasarannya hotel hingga restoran.

Inovasi penerimaan pajak daerah melalui teknologi tapping box tersebut bekerjasama dengan PT. Bank Kalteng cabang setempat.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kapuas, Andres Nuah, mengatakan berdasar peraturan yang telah ditetapkan pihaknya wajib melakukan pengawasan terhadap transaksi yang dilakukan oleh wajib pajak.

“Hal ini juga sejalan dengan program pemberantasan korupsi terintegrasi pada pemerintah daerah, khususnya area intervensi optimalisasi pendapatan daerah yang dilaksanakan oleh KPK,” katanya, Kamis (28/10).

Andres melanjutkan dengan kemajuan teknologi komunikasi data dan informasi, upaya efisiensi, optimalisasi dan mencegah kebocoran pajak dapat dilakukan dengan pengawasan secara online.

“Jadi, BPPRD perlu untuk melakukan pengawasan transaksi penjualan yang dilakukan oleh wajib pajak secara online yang dapat dipantau setiap hari. Oleh sebab itu kami akan segera memasang alat tapping box pada tempat usaha wajib pajak,” ujarnya.

“Ketika pajak ini dicatat, kita tidak perlu lagi melakukan pengawasan di masing-masing wajib pajak secara langsung (tatap muka). Aparat pengawas seperti inspektorat, BPK, dan KPK juga dapat melakukan monitoring lewat alat ini,” pungkas Andres Nuah.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Kadis PU Kapuas Dukung Vaksinasi untuk Pekerja Proyek Pemerintah

Kalteng

Baru 24,80 Persen Warga Kapuas Divaksin Dosis Pertama
Lomba Memasak Sayur

Kalteng

Serunya Lomba Memasak Sayur Kalakai di Kapuas
PPKM

Kalteng

Kalteng Terapkan PPKM Skala Mikro
Pemkot Palangka Raya

Kalteng

Pemkot Palangka Raya Tutup RS Perluasan Penanganan Covid-19
Pembunuhan

Kalteng

Duel Maut di Dadahup Kapuas, Satu Tewas
apahabar.com

Kalteng

Wali Kota Palangka Raya Buka Rahasia Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Kebakaran Hutan, Perusahaan Didenda Rp2 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com