Pembacok Jurkani di Tanbu Juga Rampas Barang Pribadi, Pelaku Disebut Berhalusinasi Jasad Wanita Muda Banjarmasin dengan Luka Tusuk di Dada Itu Ternyata… Sosok Pembacok Advokat Jurkani di Tanah Bumbu, dan Detik-Detik Penganiayaan IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung?

Gunung Merapi Hari Ini: Terjadi Gempa Guguran Sebanyak 203 Kali

- Apahabar.com     Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:50 WITA

Gunung Merapi Hari Ini: Terjadi Gempa Guguran Sebanyak 203 Kali

Ilustrasi Gunung Merapi. Foto-AFP/Agung Supriyanto via medcom.id

apahabar.com, YOGYAKARTA – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi mengalami 203 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Selasa (12/10) pukul 00.00-24.00 WIB.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, menyebutkan selain gempa guguran, pada periode pengamatan itu juga tercatat 299 kali gempa hybrid atau fase banyak, 28 kali gempa embusan, satu kali gempa tektonik dan 30 kali gempa frekuensi rendah.

“Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian sekitar 50 meter di atas puncak,” kata Hanik melalui keterangan resminya di Yogyakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (13/10).

Pada periode pengamatan itu, tercatat 12 kali guguran lava pijar keluar dari gunung itu dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

Berdasarkan analisis morfologi pada periode 1 sampai 7 Oktober 2021, BPPTKG mencatat kubah lava barat daya Merapi memiliki volume 1.679.000 meter kubik dan volume kubah tengahnya 2.854.000 meter kubik.

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Kali Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jumlah Pasien Sembuh di Indonesia Meningkat, Simak Rinciannya
apahabar.com

Nasional

OTT KPK di PUPR Terkait Proyek Air Bersih Tanggap Bencana

Nasional

Pesangon Rp318 Miliar Tak Kunjung Cair, Pilot Merpati Surati Jokowi
apahabar.com

Nasional

Baku Tembak di Intan Jaya, Dua Nyawa Melayang
Habib Rizieq

Nasional

Pengacara Ungkap Rizieq Tolak Opsi Pengampunan Jokowi

Nasional

Per Agustus 2021, Total Simpanan Pemda di Bank Rp178,95 T
apahabar.com

Nasional

Jadi Komisaris Utama Pertamina, Berapa Gaji Ahok?
apahabar.com

Nasional

Dubes Sudan: Indonesia Jadi Model bagi Sudan Ciptakan Perdamaian
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com