Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Gunung Merapi Lima Kali Luncurkan Guguran Lava

- Apahabar.com     Senin, 18 Oktober 2021 - 12:40 WITA

Gunung Merapi Lima Kali Luncurkan Guguran Lava

Pemandangan Gunung Merapi yang sedang meluncurkan lava pijar terlihat dari Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (15/8). Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah lima kali meluncurkan guguran lava pijar hingga sejauh 1,8 kilometer ke arah barat daya, Senin (18/10) pukul 00.00 sampai 06.00 WIB.

Menurut Kepala BPPTKG Hanik Humaida, selama periode pengamatan itu Merapi juga mengalami 44 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-12 mm selama 20-142 detil.

Kemudian, empat kali gempa hembusan dengan amplitudo 5-8 mm selama 32-46 detik, dua gempa frekuensi rendah dengan amplitudo 11-12 mm selama enam detik, serta 23 kali gempa fase banyak jauh dengan amplitudo 3-12 mm selama 5-9 detik.

Asap putih dengan intensitas tipis, dari pantauan Antara, terlihat membubung setinggi 100 meter di atas puncak kawah gunung api tersebut.

Menurut BPPTKG, kawasan gunung itu diliputi awan dan mendung, serta angin yang bertiup lemah hingga sedang ke arah barat.

Berdasarkan analisis morfologi pada periode 8 sampai 14 Oktober 2021, BPPTKG mencatat kubah lava barat daya Merapi memiliki volume 1.609.000 meter kubik dan volume kubah tengahnya 2.927.000 meter kubik.

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Kali Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tsunami Banten, Tidak Dipicu oleh Gempa Bumi

Nasional

Cair Pekan Depan, Ketahui Syarat dan Kriteria Pekerja Dapat Subsidi Gaji

Nasional

BMKG: Puncak Musim Hujan Berakhir Bulan Ini
Sejarah Proklamasi

Nasional

Yuk, Nonton Animasi Sejarah Proklamasi di Rumah Digital Indonesia
apahabar.com

Nasional

Ketua JMSI Riau Kutuk Penyerangan Satpam dan Perusakan Pagar PWI
apahabar.com

Nasional

KPK Telusuri Sumber Pemberi Gratifikasi ke Bowo Sidik
apahabar.com

Nasional

Foto Istri Ifan Seventeen Ini Bikin Warganet Mewek
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sebut 2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com