Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

Hari Batik Nasional, Gunung Mas Kalteng Kenalkan “Suli Si Batu Suli”

- Apahabar.com     Sabtu, 2 Oktober 2021 - 21:36 WITA

Hari Batik Nasional, Gunung Mas Kalteng Kenalkan “Suli Si Batu Suli”

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan Ketua Dekranasda Mimie Mariatie Jaya S Monong mengenakan batik khas daerah setempat dengan desain Suli Si Batu Suli. Foto: Antara

apahabar.com, KUALA KURUN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengembangkan desain batik khas Kabupaten Gunung Mas demi mengangkat potensi wisata daerah.

“Nama desainnya Suli Si Batu Suli. Desain ini merupakan pemenang lomba desain batik khas daerah Gunung Mas yang diselenggarakan pada 1 Juli hingga 20 Agustus 2020,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong, Sabtu (2/10) dilansir Antara.

Menurut dia, Batu Suli merupakan salah satu destinasi wisata berupa bongkahan batu yang membentuk bukit terjal dan berdiri kokoh di pinggiran Sungai Kahayan, tepatnya di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah.

Motif utama Suli Si Batu Suli merupakan pemandangan Batu Suli yang dihiasi ornamen kepala Burung Tingang yang identik dengan suku Dayak.

Ornamen dibubuhi warna merah yang melambangkan kekuatan dan keberanian Suku Dayak dalam melindungi tanah airnya.

Kemudian ada motif Suli, tanaman yang banyak tumbuh di daerah setempat, yang buah dan bunganya menjadi bagian tak kalah penting dalam desain Suli Si Batu Suli.

“Motif yang menghiasi pinggiran kiri dan kanan terinspirasi dari tato yang sering menghiasi tubuh suku Dayak di zaman dahulu,” kata istri dari Bupati Gumas Jaya S Monong ini.

Selanjutnya warna dasar kuning dipilih karena kuning sering dipakai suku Dayak untuk menyimpan benda-benda yang dianggap suci atau keramat, yang dipercaya juga sebagai lambang keluhuran.

Lalu warna emas yang menghiasi bingkai motif utama dipilih sebagai lambang keagungan dan kekayaan, dengan harapan daerah wisata Batu Suli bisa menjadi kebanggaan Kabupaten Gumas.

Lebih lanjut ia mengatakan Suli Si Batu Suli diusulkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunung Mas kepada bupati, untuk menjadi Pakaian Dinas Harian (PDH) batik daerah kabupaten pada November 2020 lalu.

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Gunung Mas memproses usulan yang ada dalam bentuk Surat Keputusan Bupati Gunung Mas Nomor 13 Tahun 2021, tanggal 14 Januari 2021 tentang PDH pegawai negeri sipil batik motif khas daerah di lingkungan Pemkab Gunung Mas.

“Motif Suli Si Batu Suli juga digunakan pada kaos yang bisa dijadikan oleh-oleh. Bagi masyarakat yang berminat bisa menghubungi Dekranasda Gunung Mas,” kata Mimie Mariatie.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kalteng, Yonif 631/Antang Bersihkan Markas
apahabar.com

Kalteng

Dewan: Masih Ada Pemberian Beasiswa di Barut Tidak Tepat Sasaran
Buaya Cempaga

Kalteng

Buaya di Cempaga Terkam Guru, BKSDA Kalteng Siapkan Jerat!
apahabar.com

Kalteng

Satpam BOSF Pulau Kaja Tewas, Diduga Disambar Petir
apahabar.com

Kalteng

Berjalan Kaki dari Rumah Insiprasi, Sugianto Sabran-Edy Pratowo Resmi Mendaftar ke KPU Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Warga Dayak Kalteng Desak Polisi Bebaskan Belasan Rekannya yang Ditangkap
apahabar.com

Kalteng

Barut Keluar dari Zona Merah, Keputusan Nadalsyah Mundur Cagub Berbuah Hasil
Sugianto Sabran

Kalteng

Segera Lapor, Warga yang Pernah Kontak Erat dengan Sugianto Sabran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com