Pak Jokowi! Siswa Peserta Vaksinasi Banjarmasin Tak Mau Sepeda Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel Jelang Peresmian, Jembatan Sei Alalak Belum Ditutup Total Kunjungi Tanbu, Warga Berharap Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Pulau Burung

Hari Kesaktian Pancasila, Bupati HSS Minta ‘Jasmerah’ Persatuan Bangsa

- Apahabar.com     Jumat, 1 Oktober 2021 - 11:50 WITA

Hari Kesaktian Pancasila, Bupati HSS Minta ‘Jasmerah’ Persatuan Bangsa

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meminta jangan sekali-kali melupakan sejarah ‘Jasmerah’ kepada semua orang agar persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat dalam peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila, Jumat (1/10).

Mengingat dan mengenang upaya pemberontakan, penggantian ideologi negara namun Indonesia masih tetap kukuh sebagai bangsa yang berdaulat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021.

Bupati HSS Achmad Fikry menjelaskan bahwa peringatan ini untuk mengenang sejarah kelam 56 tahun lalu yakni terjadi pemberontakan G30S/PKI.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila karena G30S/PKI bisa diatasi pemerintah, sehingga banyak nilai yang bisa kita ambil dari kejadian itu,” ucapnya.

Bupati Fikry meminta supaya jangan pernah melupakan sejarah karena kalau tidak waspada, peristiwa kelam itu bisa terulang kembali.

Sebab, kata Bupati Fikry menjelaskan bahwa kadang-kadang ketika posisi ekonomi sedang tidak bagus akan muncul dari sana.

“NKRI harga mati, Pancasila sebagai perekat menjadi bagian kita semua,” tegas Bupati HSS selaku Inspektur Upacara.

Oleh karenanya, perlu terus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan generasi muda terkait sejarah maupun Pancasila yang sudah disepakati sebagai falsapah negara.

Sehingga sebagai anak bangsa, semua harus menjunjung tinggi Pancasila dan menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan keseharian.

“Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi kita, dan tahun depan kita harapkan sekolah juga bisa memperingati sehingga anak-anak tahu sejarah tentang Hari Kesaktian Pancasila,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi, Kapolres HSS Sugeng Priyanto, Dandim 1003 Kandangan Letnan Kolonel Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, Kepala Kejari Kandangan Agus Rujito serta seluruh tamu undangan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Warga Kurang Mampu Dapat Berkah Ramadan
apahabar.com

HSS

Bupati Sampaikan KUA dan PPAS Perubahan Anggaran 2019
apahabar.com

HSS

Bupati HSS: Pemungutan Suara Berbagai TPS Berjalan Sesuai Prokes
apahabar.com

HSS

HSS Gelar Tabligh Akbar dan Haul Guru Sekumpul
Karhutla

HSS

Antisipasi Karhutla, Pemkab HSS Gelar Rapat Koordinasi
HSS

HSS

Wabup HSS Apresiasi Hasil Produk Binaan HIPMI
apahabar.com

HSS

Rakon PKK HSS Menyongsong Rakernas 2020
Wakil Bupati Syamsuri Arsyad memberikan Jersey kepada para atlet beladiri Muaythai Indonesia Kabupaten HSS. Foto-apahabar.com/Nuha

HSS

Targetkan Emas Porprov XI, Wabup HSS Berikan Suntikan Semangat Atlet Muaythai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com