Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Resmikan Pabrik Bio Diesel di Tanah Bumbu, Jokowi Bakal Naik Helikopter Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021 Terungkap, Penyebab Kematian Ibu Muda di Hotel Berbintang Banjarmasin Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan

Ingin Vaksin Covid-19 Tapi NIK Tak Terbaca? Begini Penjelasan Kadinkes Banjarbaru

- Apahabar.com     Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:14 WITA

Ingin Vaksin Covid-19 Tapi NIK Tak Terbaca? Begini Penjelasan Kadinkes Banjarbaru

Vaksinasi massal di Gedung Bina Satria, kini ada ditempatkan juga petugas dari Disdukcapil Banjarbaru guna mengatai NIK warga yang terbaca. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Banyak dari masyarakat khususnya di Banjarbaru yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) mereka tidak terbaca saat ingin ikut divaksin Covid-19.

Sehingga tidak sedikit juga mereka gagal berpartisipasi dalam program percepatan vaksinasi Covid-19 pemerintah.

Masyarakat yang mengalami masalah tersebut harus mengurusnya ke Disdukcapil Kota Banjarbaru baik melalui offline maupun online, jika ingin mengikuti vaksinasi.

Masalahnya, banyak masyarakat yang kesulitan dalam mengurus masalah NIK tersebut, semisal melalui call center atau WhatsApp yang tidak langsung direspon oleh Disdukcapil, dan sulit mengatur waktu jika harus datang langsung atau secara offline.

“Saya ingin divaksin tapi ribet, males ke sananya [Disdukcapil], disuruh pakai Wa, sudah saya coba tapi engga ada balasan, jadi sampai ini belum divaksin,” ujar Imah, salah seorang warga Banjarbaru yang NIK miliknya tidak terbaca kepada apahabar.com, Rabu (13/10).

Senada dengan Imah, seorang pelajar SMA di Banjarbaru, Muhammad juga mengalami masalah yang sama.

“Ada vaksinasi di sekolah, udah seneng mau ikut vaksinasi, tapi kata guru NIK saya engga kebaca, jadi harus saya urus ke Disdukcapil, tapi saya bingung gimana ngurusnya, disuruh guru hubungi via WA, tapi engga dibalas, jadi ya udah lah mau gimana lagi,” ujarnya pasrah.

Dikonfirmasi apahabar.com, terkait masalah NIK ini, Kepala Dinkes Banjarbaru, Rizana Mirza mengklaim sudah mendapatkan solusinya.

Rizana bilang, sekarang di tiap lokasi vaksinasi massal di Banjarbaru, ada ditempatkan petugas dari Disdukcapil guna menyelesaikan masalah tersebut.

“Proses vaksinasi ini kita pakai aplikasi yang memasukkan NIK, ternyata sering terjadi masalah tentang memasukkan NIK ini sehingga masyarakat banyak yang gagal vaksin, dan harus dibuka di Disdukcapil. Tapi Alhamdulillah sekarang vaksinasi massal yang kita laksanakan juga menempatkan petugas dari Disdukcapil di lokasi,” ujar Rizana kepada media ini.

Sehingga, lanjutnya masyarakat yang ingin bervaksin tetapi NIK tidak terbaca, dipersilahkannya untuk tetap datang ke lokasi vaksinasi.

“Karena petugas Disdukcapil, mereka Langsung bisa membantu menyelesaikan masalah atau membuka aplikasi di nomor induk mudah-mudahan ini membantu,” ungkapnya.

“Karena masalah kependudukan ini harus terpusat jadi dengan adanya petugas Disdukcapil hadir ke lokasi vaksinasi, mereka akan memgelolanya dan sudah kami koordinasikan, insyaallah akan lancar,” tuntasnya.

Kepala Disdukcapil Banjarbaru, Sri Fatma Karmila, melalui Kepala Seksi Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Helmy Nazar, membenarkan jika petugas ada standby di lokasi vaksinasi massal.

“Benar, masing-masing lokasi ada satu orang, semoga saja tercover, karena petugas sebagian bertugas di pelayanan mobil keliling,” ujarnya.

Dirinya sendiri, aku Helmy, hari ini stanby di Kelurahan Syamsudin Noor dan Bapelkes.

Lantas, bagaimana dengan banyaknya masyarakat yang kesulitan atau tidak direspon saat menghubungi Disdukcapil via Call Center?

“Ini karena yang masuk ke call center sehari hampir 200, jadi kemungkinan tidak bisa terhandle semua,” jelasnya.

Karena itu, Helmy menyarankan jika masyarakat ingin mengurus NIK yang tidak terbaca, dapat langsung ke kantor Disdukcapil.

“Atau bisa lewat pengaduan yang ada di aplikasi android kami yaitu Disdukcapil Banjarbaru Mobile,” tuntasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warga Pulau Bromo Bahagia, Jembatan Gantung Mulai Dikerjakan
Reaktif Tes Covid-19

Kalsel

Duh, Ratusan Petugas Pemilu di Banjarmasin Reaktif Tes Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Pick Up Hantam Truk Tangki, Sopir Patah Kaki
apahabar.com

Kalsel

Dooor! 2 Terduga Pembunuh di Buncit Indah Banjarmasin Berhasil Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

Operasi Antik Intan 2019, Polres Batola Gulung 14 Tersangka Narkoba
apahabar.com

Kalsel

Harapan Ketua Bawaslu Tanbu untuk Calon Panwascam  
Walhi Kalsel

Kalsel

Tegas! Walhi Soal 10 Pekerja Terkubur Hidup-Hidup di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Pasca Simulasi UNBK, Siswa SMPN 3 Bakumpai Tak Lagi Menumpang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com