Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

Iuran BPJS Kesehatan Balikpapan Belum Gratis? Begini Syarat Daftar di Kelurahan

- Apahabar.com     Sabtu, 2 Oktober 2021 - 14:00 WITA

Iuran BPJS Kesehatan Balikpapan Belum Gratis? Begini Syarat Daftar di Kelurahan

Kasi Jaminan Sosial Keluarga Dinsos Balikpapan, Sularto. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Program iuran premi gratis BPJS Kesehatan di Balikpapan, Kaltim, bagi peserta kelas III masih menemui sejumlah kendala. Salah satunya ialah banyaknya masyarakat yang belum terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD.

Bukan tanpa alasan, banyaknya masyarakat yang belum terdaftar tersebut lantaran adanya data-data yang tidak bisa dimigrasikan melalui sistem.

Namun pemerintah kota melalui Dinas Sosial Kota Balikpapan meminta masyarakat khususnya peserta BPJS Kesehatan kelas III yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri ke kantor kelurahan setempat.

“Bagi masyarakat yang per 1 Oktober belum terdaftar di PBI APBD itu mekanismenya mereka datang ke kelurahan, nanti petugas kelurahan akan melakukan pendataan. Kalau dari data kami nanti itu mereka memang belum masuk, nanti akan dimasukkan,” kata Kasi Jaminan Sosial Keluarga, Dinsos Balipapan, Sularto ditemui di kantor pemkot pada Sabtu (2/10).

JMSI Kalsel Sukses Verifikasi Faktual Dewan Pers

Ditanya apa syarat yang harus dibawa peserta yang belum terdaftar sebagai PBI APBD, Sularto mengatakan cukup membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Kartu BPJS Kesehatan Kelas Tiga.

“Syaratnya ke kelurahan dia berpenduduk KTP Balikpapan, dia belum punya jaminan kesehatan ataupun ia kepingin ditanggung pemerintah kota yang kelas tiga, silahkan datang ke kelurahan membawa fotokopinya,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarkat agar melakukan pendaftaran di bawah 20 Oktober ini. Sehingga iuran kepesertaannya akan gratis mulai 1 November 2021 mendatang.

“Kalau daftarnya di bawah tanggal 20 di kelurahan berarti berlakunya di bulan berikutnya. Kita sifatnya masih mendaftar di satu bulan. Jadi umpamanya kita daftar di bulan Oktober ini, tanggal 1 November sudah aktif BPJS Kesehatannya,” jelasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Terakhir Pimpin HUT Balikpapan, Rizal Berangan-angan Jadi Gubernur Kaltim
Samarinda

Kaltim

Mr X Ketiga Teridentifikasi Juga Korban Ledakan Kapal di Samarinda

Kaltim

Diduga Karena Ngecas HP, Satu Rumah di Balikpapan Terbakar
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Kaltim Sambut Baik Pembangunan Pabrik Semen di Kutim
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Jadi Ibu Kota, Wagub Hadi Berguru ke Canberra
Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 17 Orang

Kaltim

Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 17 Orang
Gunung Bugis

Kaltim

Terduga Pembakaran di Gunung Bugis Dipastikan Gangguan Jiwa
Sayembara Pencarian Bocah Hilang di Sungai Sangatta

Kaltim

Bikin Tergiur, Sayembara Pencarian Bocah Hilang di Sungai Sangatta Berhadiah Rp 5 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com