Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik Sikapi Putusan MK, Jokowi Tegaskan Revisi UU Cipta Kerja Secepatnya Dilantik Esok, Sederet PR Menanti Sekda Baru Banjarmasin

Jalankan Instruksi Kapolri, Polda Kaltim Ancam Pecat Oknum Polisi Nakal

- Apahabar.com     Rabu, 20 Oktober 2021 - 15:47 WITA

Jalankan Instruksi Kapolri, Polda Kaltim Ancam Pecat Oknum Polisi Nakal

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak akan melakukan pencopotan hingga pemberhentian dengan tidak hormat kepada oknum polisi nakal. Ilustrasi-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo baru-baru ini menginstruksikan seluruh jajaran Polda hingga Polres di daerah agar menindak tegas anggotanya yang menyalahi prosedur.

Hal ini sebagai bentuk evaluasi lantaran belakangan instansi kepolisian diterpa masalah hingga membuat citra polisi memburuk. Buntutnya muncul hastag #PercumaLaporPolisi menjadi tamparan keras Polri untuk berbenah.

Menyikapi instruksi Kapolri tersebut, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak turut menegaskan kepada jajarannya agar tidak berani coba-coba berulah. Pihaknya, kata dia, tidak segan-segan akan melakukan pencopotan hingga pemberhentian dengan tidak hormat.

“Perintahnya sangat jelas, kalau dia melakukan pelanggaran kita tindak dengan tegas. Polda Kaltim sudah melaksanakan itu kalau ada yang melakukan pelanggaran sesuai dengan hukum yang ada,” ujarnya usai meninjau vaksinasi di Gedung Dome, Balikpapan, Rabu (20/10) siang.

Herry melanjutkan kepolisian memiliki kode etik profesi yang harus benar-benar diterapkan kepada setiap anggota polisi. Pelanggaran yang dilakukan tentu akan mendapat konsekuensi tersendiri.

“Polri memiliki yang disebut kode etik profesi, ada juga aturan pelanggaran disiplin anggota. Itu adalah rambu-rambu yang kita pakai,” lanjutnya.

Senada dengan Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo menyampaikan pada prinsipnya instruksi Kapolri akan ditindaklanjuti. Hanya saja dalam hal ini lebih difokuskan pada oknum polisi yang bertindak dengan kekerasan atau pun arogan.

“Kalau sampai pada hukuman yang terberat ya diberikan hukuman terberat. Karena itu merugikan orang secara fisik. Dia tidak mencerminkan seorang aparat keamanan yang mengayomi dan masyarakat justru dia menjadi pelaku,” tuturnya.

Saat ini Polda Kaltim melalui Propam dan Inspektorat terus melakukan evaluasi dan pengawasan kepada anggotanya. Ia berharap anggota polisi bekerja sesuai SOP agar dapat melayani dan mengayomi masyarakat.

“Itu yang terus diingatkan kepada anggota, dan Kapolres juga tidak tinggal diam, meski ditengah pandemi pengawasan terhadap anggota terus jalan,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kecamatan Rantau Pulung di Kutim Terbebas dari Buang Air Sembarangan

Kaltim

Terungkap Buronan Kalsel Beraksi di Belasan TKP, Spesialis Kantor Pemerintahan
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Jadi Ibu Kota, Wagub Hadi Berguru ke Canberra
apahabar.com

Kaltim

Maloy Batuta Trans Kalimantan Ditarget Akhir Januari
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Kaltim Harapkan Pjs Bupati/Wali Kota Sukseskan Pilkada dan Cegah Covid-19

Kaltim

Janji Menang Terbayar, Persiba Taklukkan PSBS Biak 2-0
Konferta IV AJI

Kaltim

Konferta IV AJI Balikpapan: Menakar Independensi Media di Era Digital

Kaltim

Eks Lokalisasi KM 17 Aktif Lagi, DPR Sebut Pemkot Balikpapan Lalai Pengawasan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com