Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN

- Apahabar.com     Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:36 WITA

Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN

Presiden Jokowi bersama pemilik pabrik biodiesel Johnlin, Andi Syamsuddin Arsyad. Foto: Youtube

apahabar.com, BANJARMASIN – Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Pabrik Biodiesel milik Jhonlin Agro Raya (JAR), Kamis (21/10) siang.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan pabrik biodiesel senilai Rp2 triliun ini mampu memproduksi 1.500 ton solar B30 per hari.

“Akan menampung cukup besar hasil perkebunan kelapa sawit membuka lapangan kerja mendukung kebijakan penghematan devisa negara, serta memperkuat ketahanan energi nasional,” ujar Paman Birin, dalam sambutannya.

Pabrik ini, kata Birin, salah satu keberhasilan hilirisasi industri di kawasan ekonomi khusus Batulicin. Karenanya, gubernur mengusulkan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Batulicin sebagai kawasan berbasis industri pengolahan batu bara, semen, kelapa sawit dan kepelabuhan yang terpadu dengan kawasan industri Batulicin.

PT Maming 69 Hijaukan Pesisir lewat Mangrove, Puluhan Ribu Bibit Ditanam

Pengembangan KEK diyakini akan berdampak secara ekonomi dan sosial serta pemerataan pembangunan kewilayahan. Bahkan diperkirakan akan menyerap tenaga kerja hingga 96 ribu orang.

Sejalan dengan pengembangan KEK Batulicin, kata dia, maka pembangunan jalan lintas Batulicin-Banjarbaru kiranya dapat dibangun secepatnya.

Jalan lintas ini akan menghubungkan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Banjar, Banjarbaru, dan Banjarmasin. Menghubungkan dua pusat pertumbuhan ekonomi Kalsel, yakni KEK Batulicin dengan kawasan strategis nasional wilayah metropolitan Banjarmasin.

“Jalan lintas ini mempersingkat waktu tempuh dari kisaran lima jam menjadi 2 jam, dibandingkan jalan nasional yang ada,” ujarnya.

Karenanya, Birin meminta dukungan Jokowi untuk KEK Batulicin dan jalan lintas Batulicin-Banjarbaru menjadi proyek strategis nasional atau PSN.

Tampak dalam peresmian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan pemilik Pabrik JAR, Andi Samsudin Arsyad.

Untuk diketahui pabrik milik Jhonlin ini berlokasi di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Pabrik ini bakal memproduksi biodiesel dan minyak goreng.

Kapasitas produksinya mencapai 60 ton per jam atau 1.500 ton per hari tandan buah sawit (TBS).

Soal bahan baku, perusahaan ini rencananya akan mendatangkan resources crude palm oil (CPO) dari luar daerah. Sementara, 30 persen akan didatangkan dari wilayah Kalimantan Selatan.

Selain tangki penampung dan pengolahan CPO, pabrik ini juga dilengkapi jetty atau wadah sandar kapal. Pabrik milik Haji Isam ini disebut-sebut merupakan yang terbesar dari empat pabrik lain yang ada di Kaltim, Kalteng, serta Sulawesi.

Agenda Lengkap Jokowi di Kalsel, Ke Jhonlin Pakai Super Puma hingga Vaksinasi Serentak

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Tragis! Terlindas Truk di Depan Mahligai Pancasila, Gadis Muda Tewas dengan Kepala Pecah
apahabar.com

Kalsel

Aditya Mufti Ariffin Apresiasi Kinerja Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Dukung Kaltim Jadi Ibu Kota Tanpa Impor Pangan
apahabar.com

Kalsel

Serius Berantas Narkoba, Pegawai Permasyarakatan Dites Urine
apahabar.com

Kalsel

Pesan Paman Birin untuk Pemuda

Kalsel

VIDEO: Aksi Heroik Petugas BPBD Banjarmasin, Selamatkan Kucing Terjebak di Flyover
apahabar.com

Kalsel

Kios di Halte Terminal Sentra Antasari Disoal
Tapin

Kalsel

DICARI! Pengemudi Feroza Penabrak Pemotor di Tapin hingga Tewas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com