Duel Maut, Kakek Aniaya Tetangga hingga Tewas di Banjarmasin Terancam Hukuman Berat Ke Kalsel, Jokowi Tak Hanya Resmikan Jembatan Sei Alalak Prokes Dilonggarkan, Arab Saudi Hapus Aturan Jaga Jarak di Masjidil Haram Geger! Warga Hilir Kotabaru Temukan Mayat Bayi dalam Kardus Setelah Kakak, Sang Adik yang Hilang di Hampang Kotabaru Ditemukan Meninggal

Kaltim Rawan Investasi Ilegal, OJK Buka Suara

- Apahabar.com     Jumat, 1 Oktober 2021 - 00:30 WITA

Kaltim Rawan Investasi Ilegal, OJK Buka Suara

Tongam L Tobing, Ketua Satgas Waspada Investasi pada OJK. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Baru-baru ini investasi investasi ilegal marak terjadi di Kaltim. Hal ini mengundang perhatian seirus Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ya, setelah terungkap satu kasus di Balikpapan, kota lain di Kaltim pun mulai terkuak. Tentu saja investasi ilegal tersebut meresahkan dan merugikan para investornya.

OJK yang terkejut mendengar kasus investasi bodong di Kaltim dengan jumlah korban mencapai ratusan. Bahkan total kerugian disebut-sebut diatas Rp 3 Miliar.

“Saat ini kita juga melihat berbagai macam modus investasi ilegal yang marak di masyarakat. Pada tahun 2021 ini ada 79 investasi ilegal yang ditindaklanjuti,” kata Tongam L Tobing, Ketua Satgas Waspada Investasi pada Kamis (30/9).

Tongam mengatakan para pelaku investasi ilegal ini kerap menawarkan hasil keuntungan yang cukup tinggi.

Padahal metode yang digunakan kebanyakan gali dan tutup lubang. Sehingga masyarakat diminta mewaspadai 2L (Legal dan Logis).

“Oleh karena ini saya mengharapkan masyarakat waspada terhadap penawaran-penawaran investasi ilegal yang mengiming-imingi hasil tinggi. Jadi kalau ada investasi yang mengiming-imingi hasil tinggi, cek legal dan logisnya. Legal artinya tanyakan ijinnya, logis artinya lihat rasionalitas hasilnya. Investasi ilegal ini selalu mengiming-imingi hasil tinggi juga,” terangnya.

Untuk mengecek investasi ilegal, investasi bodong ataupun pinjaman online sekalipun cukup mudah, masyarakat bisa melihat langsung di website www.ojk.go.id.

“Kami imbau agar tetap waspada bahwa di Kaltim ini ada investasi ilegal yang muncul lagi, oleh karena itu peran serta masyarakat sangat kita butuhkan untuk bersama-sama dengan pemerintah tidak akses ke investasi ilegal,” tuturnya.

Selain itu pihaknuya terus melakukan pemberantasan terhadap investasi ilegal dan pinjol setiap tahunnya. Dan juga melakukan edukasi kepada masyarakat agar waspada terhadap investasi ilegal tersebut.

“Kami secara massiv memberantas investasi ilegal ini. Juga edukasi kepada masyarakat yang kita lakukan. Tentu kami tetap tingkatkan supaya investasi ilegal semakin menurun,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Wali Kota Balikpapan Respons Aksi Mahasiswa Tolak PPKM Level 4
Pemkab PPU

Kaltim

Bangun Tower Lebih Tinggi dari Monas, Pemkab PPU Anggarkan Rp 150 Miliar
Vaksinasi

Kaltim

KKP Buka Pelayanan Vaksinasi Non KTP Balikpapan Calon Penumpang Laut-Udara
Covid-19

Kaltim

Enam Anggota Dewan Balikpapan Positif Covid-19, Bakal Gelar Swab Massal
Pemulung di Samarinda

Kaltim

Ambil Besi Dalam Air, Pemulung di Samarinda Ditemukan Tewas

Kaltim

Kapal Minyak Sawit Tenggelam di Sungai Mahakam, Air Sungai Jadi Oranye
Klaster Masjid

Kaltim

Muncul Klaster Masjid di Balikpapan, Pemkot Langsung Tetapkan Zona Merah
apahabar.com

Kaltim

Pembatasan Akses Keluar Masuk Samarinda Mulai Berlaku
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com