Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan Tarif PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kadinkes Kalsel: Kita Masih Tunggu

Kasus Kerusuhan Yahukimo; 23 Tersangka Ditangkap

- Apahabar.com     Minggu, 10 Oktober 2021 - 16:42 WITA

Kasus Kerusuhan Yahukimo; 23 Tersangka Ditangkap

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pascakerusuhuhan di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua yang melibatkan dua kelompok massa dari Suku Kimyal dan Suku Yali, polisi memburu para pelaku kericuhan tersebut. Terbaru, 23 tersangka ditangkap.

Dari 23 tersangka tersebut adalah Morume Keya Busup yang merupakan Kepala Suku Umum Kimyal.

“Jadi sampai saat ini sudah 23 tersangka yang ditahan oleh Polres Yahukimo untuk penyelesaian kasus kekerasan di Kabupaten Yahukimo, Papua,” Karo Penmas Divisi Humas Polri Polri Brigjen Rusdi Hartono, dilansir CNN Indonesia, Minggu (10/10).

Disampaikan Rusdi, saat ini pihaknya masih mendalami peran dari masing-masing tersangka. Termasuk, peran Morume selaku tersangka utama yang diduga menginisiasi terjadinya kericuhan tersebut.

“Berdasarkan informasi yang diterima oleh kepolisian di sana, yang bersangkutan (Morume) adalah yang menginisiasi kemudian mengumpulkan dan menggerakkan daripada kelompok-kelompok sehingga terjadi kekerasan di Yahukimo,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rusdi menuturkan Polda Papua masih melakukan pengejaran terhadap pelaku-pelaku atau daftar pencarian orang (DPO) lain yang diduga terlihat dalam peristiwa tersebut.

“Sampai saat ini mungkin masih ada beberapa DPO. Kita nanti tunggu kabar dari Polda Papua,” ujarnya.

Diketahui, Kericuhan di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua terjadi pada Minggu (3/10) lalu. Insiden ini menyebabkan 41 orang luka-luka dan enam orang dipastikan meninggal dunia.

Kerusuhan berawal dari massa Suku Kimyal pimpinan Kepala Suku Morome Keya Busup dengan dua minibus dan membawa senjata tajam, seperti busur panah dan parang mendatangi masyarakat Suku Yali.

Aparat kepolisian sempat menghalau massa untuk meninggalkan lokasi. Namun, massa kembali melakukan penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali yang berada di Hotel Nuri dan dilanjutkan dengan pembakaran gedung hotel.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Viral Bocah 12 Tahun Bawa Truk Tronton, Ternyata Menggantikan Paman
apahabar.com

Nasional

Perjuangan Julie Kalahkan Virus Corona di Tengah Kepanikan Negara
Korupsi

Nasional

Puluhan Terpidana Korupsi Ajukan PK, KPK Harap MA Objektif dan Indepedenden
Erick Thohir

Nasional

Blusukan ke Desa Wisata di Bogor, Ini Pesan Erick Thohir
apahabar.com

Nasional

Innalilahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Gus Sholah Pengasuh Ponpes Tebuireng Meninggal Dunia
PPKM Level IV

Nasional

Jika PPKM Level IV Diperpanjang, Pengusaha Ajukan Sejumlah Pelonggaran
apahabar.com

Nasional

Jenazah Pilot Pesawat Milik MAF Ditemukan di Kedalaman 13 Meter Danau Sentani
apahabar.com

Nasional

Soal UNBK Matematika Dikeluhkan Siswa SMA
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com