Baru Diresmikan, Jembatan Alalak Langsung Diserbu Warga Jokowi Blakblakan Alasannya Resmikan Langsung Pabrik Jhonlin di Tanah Bumbu Jokowi Resmikan Jembatan Alalak, Jalan Hasan Basri Kayutangi Macet Parah Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin

Kematian Menurun, Rerata Sembuh Covid-19 Capai 65 Persen

- Apahabar.com     Selasa, 5 Oktober 2021 - 21:29 WITA

Kematian Menurun, Rerata Sembuh Covid-19 Capai 65 Persen

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (5/10). Foto: Ist

apahabar.com, JAKARTA – Sepekan terakhir, rata-rata kesembuhan akibat Covid-19 dilaporkan meningkat hingga 95,77 persen.

“Angka kesembuhan itu meningkat dibandingkan dengan persen kesembuhan pada saat lonjakan kasus yang hanya sebesar 80,23 persen,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers daring, Selasa (10/5) dilansir Antara.

Angka kesembuhan mingguan per 4 Oktober itu dikontribusi oleh lima provinsi, yaitu Jawa Barat sebesar 1.843 orang sembuh, Jawa Timur 1.727 orang sembuh, Jawa Tengah 1.652 orang sembuh, Sumatera Utara 1.412 orang sembuh, dan Bali 1.251 orang sembuh.

“Berbicara tentang kesembuhan kabar baiknya adalah sejak awal Agustus 2021 hingga sekarang penambahan kesembuhan konsisten lebih besar daripada penambahan kasus positif harian,” katanya.

Pada lonjakan kasus kedua lalu, ia menyampaikan, kasus positif di Indonesia bertambah jauh lebih besar dibandingkan dengan kesembuhan.

“Hal ini tentunya patut diapresiasi karena artinya penanganan pasien Covid-19, baik yang melakukan isolasi mandiri, terpusat maupun dirawat di rumah sakit semakin mengalami peningkatan kualitas sehingga dapat segera sembuh,” katanya.

Terkait dengan kematian akibat Covid, Wiku mengatakan, meskipun persentasenya mengalami kenaikan namun jumlah kematiannya terus mengalami penurunan.

“Saat ini penting untuk melihat perkembangan kematian melalui jumlahnya, bukan persentasenya, karena target kita saat ini adalah menekan kematian hingga nol,” ujarnya.

Ia menyebut terdapat lima provinsi yang mengalami kenaikan kematian tertinggi pekan ini, yaitu Jawa Tengah sebanyak 100 kematian, Jawa Timur 81 kematian, Aceh 63 kematian, Papua 44 kematian, dan Bali 41 kematian.

Terkait dengan kasus positif Covid-19, Wiku mengatakan kasus positif di Indonesia pada minggu ini mengalami penurunan 34,6 persen dibandingkan dengan minggu lalu. Bahkan, untuk pertama kalinya penambahan kasus positif harian Indonesia berada di bawah 1.000, yaitu 922 kasus per 4 Oktober 2021.

Kasus aktif, Wiku mengemukakan, untuk pertama kalinya kasus aktif di Indonesia berada di bawah satu persen, yaitu 0,86 persen di minggu terakhir.

“Ini adalah perkembangan yang sangat baik mengingat pada lonjakan kasus kemarin, kasus aktif kita sempat mencapai hampir 19 persen,” katanya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Dorong Penguatan Kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik

Nasional

Tsunami Selat Sunda, Masyarakat Dilarang Mendekat Krakatu Radius 2 Km
apahabar.com

Nasional

Jubir: Orang dari Episentrum Covid-19 Harus Isolasi Diri
apahabar.com

Nasional

Aditya Perpatih, Bocah Gorontalo yang Fotonya Terpampang di Uang Rp75.000
apahabar.com

Nasional

Proses Pemilihan Komisaris dan Direksi Perusahaan BUMN Digelar Seperti Era SBY

Nasional

Bikin Konten Prank ‘Malaikat Maut’, Remaja di Cikarang Tewas Terlindas Truk
apahabar.com

Nasional

Nikah Massal, Tradisi Baru DKI Saat Pergantian Tahun
apahabar.com

Nasional

Bentrok dengan TNI, Polda: Tiga Anggota Polri Meninggal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com