Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Kerjasama Pertukaran Mata Uang RI-Jepang Diperpanjang

- Apahabar.com     Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:10 WITA

Kerjasama Pertukaran Mata Uang RI-Jepang Diperpanjang

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Kerjasama Bilateral Swap Arrangement (BSA) antara Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Jepang (Bank of Japan) diperpanjang. Perpanjangan kerjasama ini telah ditandatangani kedua belah pihak dan berlaku resmi, Kamis (14/10) hari ini.

“Sebagaimana perjanjian sebelumnya, kerja sama ini memungkinkan Indonesia untuk melakukan swap mata uang rupiah dengan dolar AS dan/atau yen Jepang dengan nilai fasilitas swap yang sama, yaitu sampai dengan US$22,76 miliar atau nilai yang setara dalam yen Jepang,” ujar Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Muhamad Nur, dilansmirr CNN Indonesia.

Nur menjelaskan perpanjangan kerja sama BSA kedua negara juga sekaligus memerhatikan keselarasannya dengan amendemen pada perjanjian Chiang Mai Initiative Multilateralisation (CMIM) yang menjadi rujukan.

Sebagai catatan, CMIM merupakan inisiatif kerja sama keuangan regional di antara negara-negara ASEAN+3 dalam bentuk fasilitas dukungan likuiditas bagi negara anggota sebagai bagian jaring pengaman keuangan (financial safety net) negara-negara dimaksud.

Indonesia dan Jepang memandang perpanjangan BSA dapat semakin memperkuat kerja sama keuangan kedua negara dalam menyediakan jaring pengaman keuangan yang diharapkan dapat berkontribusi pada stabilitas keuangan di tingkat regional dan global.

Sebagai informasi, perjanjian kerja sama BSA Indonesia-Jepang pertama kali ditandatangani pada 17 Februari 2003 dan terakhir diperpanjang pada 14 Oktober 2018 dengan masa berlaku 3 tahun.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Trump Tinjau Kebakaran California: Manajemen Hutan yang Buruk
apahabar.com

Global

Kanada Kurang Tenaga Kerja, Ada 430 Ribu Lowongan Belum Terisi
Kanada

Global

Suhu Udara di Kanada Meninggi, Capai 46,6 Derajat Celcius
apahabar.com

Global

Politisi Australia Minta Maaf Pernah Ancam Umat Islam di FB
Ilustrasi. Foto-Net

Global

Pelancong Indonesia Dilarang Masuk Uni Emirat Arab
Imam Besar Al Azhar Syekh Ahmed al-Tayeb. Foto-Net

Global

Tunggu Pengumuman Resmi, Imam Besar Al Azhar dan Ayatollah Agung Ali al-Sistani Dimungkinkan Bertemu
Menteng

Global

Heboh Ledakan di Kantor KAMI Menteng
apahabar.com

Global

Erdogan Sampaikan Belasungkawa Korban Tsunami Banten-Lampung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com