Setahun 2 Kali Kalsel Darurat Banjir, Jangan Melulu Salahkan Cuaca Ssttt..Jaksa Dalami Dugaan TPPU HKN Banjarmasin Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik

Kompleks Pemakaman Keluarga Gus Dur Kembali Dibuka

- Apahabar.com     Jumat, 29 Oktober 2021 - 14:05 WITA

Kompleks Pemakaman Keluarga Gus Dur Kembali Dibuka

Kompleks Pemakaman keluarga KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Kompleks pemakaman keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang berada di Jombang, Jawa Timur, dibuka pada awal November 2021.

Ketua Tim Gugus Tugas Pesantren Tebuireng, Lukman Hakim mengatakan kompleks pemakaman dibuka bagi masyarakat yang hendak berziarah pada Senin (1/11) mendatang.

Kepastian pembukaan itu diputuskan dalam surat edaran (SE) Pesantren Tebuireng Nomor: 1760/I/HM 00 01/PENG/X/2021 tanggal 23 Oktober 2021. Edaran tersebut ditandatangani Pengasuh Pesantren Tebuireng, Abdul Hakim Mahfudz.

“Kegiatan ziarah ke makam keluarga dan masyaikh Pesantren Tebuireng, Insyaallah akan dibuka kembali pada hari Senin, 1 November 2021 mendatang,” kata Lukman Hakim dalam keteranganya yang dikutip di situs resmi Pesantren Tebuireng, dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (29/10).

Lukman menyatakan, keputusan ini telah dilakukan dalam rapat bersama dengan pihak keluarga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asy’ari dan Pengasuh Pesantren Tebuireng, Abdul Hakim Mahfudz.

Surat edaran itu mencantumkan alasan pembukaan kompleks makam karena kasus Covid-19 makin menurun dan terkendali di sebagian wilayah Indonesia. Termasuk salah satu alasan di antaranya adalah Kabupaten Jombang kini berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Meski demikian, ditegaskan bahwa pihak Pesantren Tebuireng tetap memberikan ketentuan dan protokol kesehatan yang ketat bagi calon peziarah.

Di antaranya, selama November-Desember makam hanya dibuka sejak pukul 08.00 hingga 13.30 WIB. Khusus hari Jumat, makam ditutup total untuk umum.

Ketentuan lain yakni maksimal peziarah juga dibatasi hanya 150 orang. Peziarah juga diwajibkan telah divaksin dosis 2.

“Tidak boleh menggunakan pengeras suara. Durasi ziarah 20 menit dan harus menaati protokol kesehatan,” bunyi edaran tersebut.

Diketahui, kompleks makam Gus Dur sempat ditutup sejak pandemi melanda Indonesia di Maret 2020 lalu. Padahal, banyak peziarah dari pelbagai daerah berbondong-bondong mendatangi kompleks pemakaman itu tiap harinya sebelum pandemi melanda.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Erick Thohir: Kemungkinan Ada Menteri Muda di Kabinet Jokowi
Varian Delta

Nasional

Pakar Epidemiologi: Covid-19 Varian Delta Serang Siapa Pun yang Imunnya Lemah
apahabar.com

Nasional

Jenazah Pilot Pesawat Milik MAF Ditemukan di Kedalaman 13 Meter Danau Sentani

Nasional

Dipanggil Polda Metro Jaya, Haikal Hassan Bersumpah Mimpi Bertemu Rasulullah
apahabar.com

Nasional

Dituding Maling di Masjid, Mahasiswa Tewas Dimassa
apahabar.com

Nasional

Pinangki Akui Cerita Pertemuan dengan Djoko Tjandra ke Sesama Jaksa
apahabar.com

Nasional

Aryadi Menangis, Usai Lihat Jasad Levie
apahabar.com

Nasional

Jelang Haul Guru Sekumpul, Jalur Alternatif Sungai Bamban Mulai Padat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com