Braakk! Pemuda “Gaduk” Tubruk Bokong Truk di Kotabaru Golkar Banjar Terbelah, Antung Aman & H Rusli Saling Klaim Kepemimpinan INNALILLAHI, Nelayan Kerumputan Kotabaru Ditemukan Tak Bernyawa Geger Api di Liang Anggang, Relawan Sulit Jangkau Titik Api Kisah Istri Alm Brimob Kalsel Jadi Sopir Travel Demi Hidupi 8 Anak, Gaji Habis Bulan Depan

Krisis Energi Global Picu Lonjakan Harga Batu Bara di Dunia

- Apahabar.com     Sabtu, 9 Oktober 2021 - 00:42 WITA

Krisis Energi Global Picu Lonjakan Harga Batu Bara di Dunia

Krisis energi global kini dipicu oleh cuaca yang semakin memburuk dan tingginya permintaan pasokan listrik. Foto-ANTARA

apahabar.com, JAKARTA – Krisis energi global kini dipicu oleh cuaca yang semakin memburuk dan tingginya permintaan pasokan listrik. Pemerintah di seluruh dunia berusaha untuk menahan dampaknya terhadap masyarakat.

Dilansir dari CNN Business, pemadaman listrik bagi masyarakat sudah terjadi secara bergilir di China. Sementara pemerintah India berebut batu bara untuk membangkitkan listrik.

Di tengah krisis, masyarakat Eropa justru menyerukan larangan pemutusan sambungan listrik jika mereka belum dapat melunasi tagihannya.

“Kejutan harga ini adalah krisis yang tidak terduga pada saat yang kritis,” kata Kepala Energi Uni Eropa Kadri Simson, Jumat (8/10).

Di Eropa, gas bumi sekarang diperdagangkan dengan harga yang tinggi sekitar US$230 per barel atau naik 130 persen dari awal September. Ini menjadi mencetak rekor baru setelah harganya naik 8 kali lipat dalam setahun.

Sementara di Asia Timur, harga gas bumi sudah naik 85 persen sejak awal September dan kini harganya tembus US$204 per barel.

Di Amerika Serikat sendiri, harga gas bumi naik hingga 47 persen sejak awal Agustus. Masalah batu bara turut memicu harga naik di beberapa perusahaan Eropa. Belum dengan kebijakan karbon yang harus dibayarkan untuk membakar energi fosil menjadi listrik.

Kini harga minyak bumi ikut terkerek naik. Bank of America memprediksikan harga minyak mentah naik hingga US$100 per barel selama musim dingin. Harga ini jadi yang tertinggi dalam 7 tahun terakhir.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Seekor Anjing dan 3 Kucing Tertular Covid-19
apahabar.com

Nasional

Ketika Mobil Dinas Jokowi Mogok di Kalimantan

Nasional

5 Fakta Virus Corona Varian Lambda, Gejala hingga Bahayanya
vaksin

Nasional

Heboh Penerima Dua Tahun Meninggal Usai Divaksin, Benarkah?
jilbab

Nasional

Alasan Eks Wali Kota Padang Wajibkan Siswi Berjilbab: Biar Tidak Digigit Nyamuk!
apahabar.com

Nasional

Asisten Terlibat Kepemilikan Kokain, Ivan Gunawan Diperiksa Polisi
apahabar.com

Nasional

Pengakuan Pelaku Vandalisme Mushala di Tangerang, Coret Dinding dan Sobek Alquran, Polisi Dalami Motif
Pasien Mesum

Nasional

Polisi Sudah Tetapkan Status Pasien Mesum di Wisma Atlet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com