Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Mahasiswa ULM Minta Karya Ilmiah Paman Birin Dipublikasikan

- Apahabar.com     Jumat, 29 Oktober 2021 - 22:22 WITA

Mahasiswa ULM Minta Karya Ilmiah Paman Birin Dipublikasikan

Puluhan mahasiswa terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas dan universitas berkumpul di depan gerbang kampus sejak pukul 19.00 Wita, menggelar aspirasi berisi penolakan pemberian gelar Dr HC kepada Sahbirin Noor. Foto-apahabar.com/Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) secara resmi memberikan gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada Kamis (28/10) kemarin.

Meski begitu, suara penolakan atas pemberian gelar kehormatan tersebut masih berkumandang. Kali ini, penolakan datang dari Mahasiswa ULM.

Aksi penolakan digelar di depan Kampus ULM, Jalan Brigjen Hasan Basri, Jumat (29/10) malam.

Puluhan mahasiswa terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas dan universitas berkumpul di depan gerbang kampus sejak pukul 19.00 Wita.

Mengenakan kostum serba hitam, aspirasi berisi penolakan pemberian gelar Dr HC kepada Sahbirin Noor yang biasa disapa Paman Birin disampaikan satu persatu perwakilan mahasiswa melalui pengeras suara.

Ucapan selamat yang terpampang di depan kampus negeri tertua di Kalsel itu juga ditutup spanduk bertuliskan #Stopobralgelar, #ULMmilikkita, dan Jaga Marwah ULM.

Di ujung aksi, sambil menyanyikan lagu mengheningkan cipta, satu persatu dari mereka lilin dinyalakan, sebagai tanda kekecewaan mahasiswa terhadap kampusnya.

“Aksi hari ini lanjutan dari kekecewaan kami. Atas dikenakannya penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Paman Birin,” ujar Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa BEM ULM, Ahmad Rinaldi.

Sejak awal, pemberian gelar Dr HC kepada Paman Birin memang menuai kontroversi. Bahkan, petisi penolakan yang dibuat alumni ULM telah dilayangkan sebelumnya.

“Hingga sore tadi sudah 1.438 yang mengisi petisi. Itu juga membuktikan, orang-orang ULM tinggal diam. Kita juga bersuara karena ada kejanggalan,” katanya.

Kendati demikian, hal itu tak membuat Rektorat ULM bergeming dan mengurungkan niat untuk memberikan gelar kehormatan kepada Paman Birin.

“Petisi yang dilayangkan sebelumnya itu tak mendapat respon sama sekali dari rektorat. Itu kami juga pertanyakan,” ujarnya.

Rinaldi juga menyinggung soal tak dipublikasikannya karya ilmiah Paman Birin ke khalayak ramai. Padahal, mereka sudah meminta hal itu dilakukan.

“Ini membingungkan kenapa karya ilmiah seseorang yang mendapat gelar kehormatan itu belum dipublikasikan,” imbuhnya.

Sehingga mereka meminta untuk karya ilmiah tersebut segera dipublikasikan. “Agar bisa dibedah. Sehingga bisa tau pemberian gelar Dr HC kepada Paman Birin layak atau tidak,” pungkasnya.

Mahasiswa ULM

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PPKM Level IV

Banjarmasin

Masih PPKM Level IV, Banjarmasin Ngotot Laksanakan PTM-PTS!

Banjarmasin

Duh, Relawan H2D Diduga Disekap & Dikeroyok Oknum Tak Dikenal
Singapura Banjarmasin

Banjarmasin

Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas

Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Tunjuk Sejumlah Hotel Jadi Tempat Isoman Pasien Covid-19
diserang

Banjarmasin

Terbakar Cemburu, Pria di Banjarmasin Serang Mantan Istri dan Pacarnya
Banjarmasin

Banjarmasin

Jangan Panik, Oksigen di Banjarmasin Aman
Banjarmasin

Banjarmasin

Dari Aksi Save KPK Jilid III di Banjarmasin: Mosi Tak Percaya Berdengung, Komnas HAM Turun Tangan
Banjarmasin

Banjarmasin

Duduk Perkara Viral Pria Bersajam Ngamuk di Nagasari Banjarmasin hingga Bergumul dengan Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com